Mengenal Kista, Mimpi Buruk Kaum Wanita

kista ovarium

Kista merupakan salah satu mimpi buruk yang ditakuti kaum wanita. Tumor jinak tersebut umumnya berbentuk kantung atau anggur, dengan isi berupa cairan yang teksturnya seperti bubur. Lantas, bagaimana caranya agar kita dapat mengetahui keberadaan kista dan mencegahnya agar tidak menjadi ganas? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pembentukan Kista

Ketika sel telur tidak dilepaskan dari folikel, kantung berisi cairan pelindung sel tersebut akan membesar hingga berubah menjadi kista folikel. Kista juga bisa terbentuk dari korpus luteum (massa jaringan kuning yang dibentuk folikel) tidak meluruh. Jika hal tersebut terjadi, akan ada banyak gangguan yang terjadi pada siklus menstruasi wanita. Di antaranya adalah daur haid yang tidak teratur, amenorea, hingga sensasi nyeri di perut bagian bawah. Dalam beberapa kasus, kista dapat mengecil dalam hitungan minggu dengan ukuran sekitar satu hingga dua milimeter. Namun, sebagian lagi malah makin membesar.

Selain itu, ada kista dermoid yang terbentuk dari sel ovarium yang melakukan pembelahan, padahal sedang tidak ada proses pembuahan. Kista jenis ini dapat ditemukan di tempat lain seperti rambut, gigi, dan organ tubuh lainnya. Sensasi sakit yang timbul akibat pecahnya kista ini akan sangat menganggu, bahkan membuat aliran darah ke indung telur jadi tak lancar.

Cara Mendeteksi Kista

Sebagian besar wanita umumnya sulit mendeteksi kista, karena tumor jinak ini tidak menunjukkan gejala tertentu. Beberapa tanda umum yang sering muncul adalah sakit perut, demam, mual, hingga muntah. Gejala-gejala ini bisa menjadi tanda adanya infeksi di dalam tubuh. Kista folikel bahkan tidak akan mengganggu daur menstruasi, tetapi korpus luteum mungkin akan menyebabkan pendarahan.

Satu-satunya cara efektik untuk mendeteksi kista adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan USG. Pada beberapa kasus, dokter akan menganjurkan operasi jika ukuran kista yang ditemukan sudah mencapai 10 sentimeter, apalagi kalau sudah muncul lebih dari tiga kali periode menstruasi.

Kaum wanita juga tidak perlu cemas, sebab kemungkinan kista berubah menjadi kanker ovarium terbilang kecil. Jika tidak ditangani dengan serius, segelintir kista akan berubah menjadi kanker ovarium. Faktor pertambahan usia pun membuat peluang munculnya kanker dari kista semakin besar. Maka dari itu, pemeriksaan dini amat penting dilakukan supaya kita tahu apakah kista tersebut berpotensi menjadi kanker ovarium atau tidak.

Cara Mencegah Kista

Melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga dan makan secara teratur merupakan kunci agar tubuh kita terhindar dari penyakit, salah satunya kista. Selain itu, metode lain seperti mengonsumsi pil KB dan terjadinya kehamilan juga akan menekan peluang kista. Sebab, proses pembuahan tidak akan terjadi dan dapat menghindari kita dari kista.

PRODUK MENARIK :

Jelita-V, Pembalut Kain Wanita Yang Aman dan Nyaman

Jelita-V, Pembalut Kain Wanita Yang Aman dan Nyaman

Jelita-V adalah produk pembalut kain untuk wanita yang aman dan nyaman. Terbuat dari bahan pilihan yang ....
5.00 out of 5
Rp 60.000 Beli
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Rp 200.000 Beli
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....
Rp 165.000 Beli

Komentar