Mengenal Berbagai Penyakit Kulit

penyakit kulit

penyakit kulit

Berbicara tentang merawat kesehatan kulit dan kecantikan kulit, tentu tidak lepas dengan berbagai macam penyakit kulit. Karena salah satu indikasi kulit sehat adalah kulit yang bebas dari penyakit kulit. Penyakit kulit dapat menimpa seseorang karena beberapa faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat atau kurangnya memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit tubuh dan lingkungan. Tidak ada salahnya untuk Anda mengenal berbagai penyakit kulit sehingga Anda bisa mencegahnya.

Berikut ini beberapa macam penyakit kulit yang umum di alami:

1. Panu

Jika bagian kulit tubuh Anda muncul bercak putih dan menyebar luas kebagian kulit lainnya, berarti kulit tubuh terserang panu. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur dapat muncul pada kulit karena tidak menjaga kebersihan dan kesehatan kulit tubuh dengan baik.

Panu akan membuat tubuh menjadi terasa gatal, terlebih ketika Anda sedang berkeringat. Dan tentu saja akan membuat kehilangan rasa percaya diri jika Anda ketahuan memiliki panu. Untuk itulah, Anda harus mulai membiasakan bergaya hidup sehat, seperti rajin mandi dan menggunakan pakaian yang bersih.

Panu bukanlah penyakit mematikan, dan dapat diobati, baik dengan menggunakan obat-obatan kimia atau dengan bahan herba alami.

2. Jerawat

Jerawat atau acne vulgaris adalah salah satu masalah kulit yang sangat umum dialami banyak orang. Jerawat biasanya muncul ketika seseorang memasuki masa puber. Jerawat merupakan keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat, menimbulkan nanah dan kemudian meradang. Penyebab dari jerawat sendiri ada berbagai macam, seperti ketidak seimbangan hormon, adanya produksi kelenjar minyakyang berlebih, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, atau juga karena adanya infeksi dari bakteri. Jerawat tidak hanya muncul pada wajah, namun juga dapat ditemukan pada dada, punggung, lengan dan bahkan pantat.

3. Kudis

Kudis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh Sarcoptes scabiei, yaitu tungau berkaki delapan yang hidup di kulit manusia. Tungau ini akan melubangi kulit dan menanamkan telurnya, yang kemudian ketika telah menetas akan muncul bintik-bintik bersisik berwarna merah, meradang dan terasa gatal. Kudis dapat ditularkan dengan adanya kontak langsung dengan penderita, dan juga melalui pakaian, handuk atau barang lain yang telah terinfeksi oleh seseorang yang menderita kudis.

Untuk mencegah terjadinya penyakit kudis, salah satunya Anda harus memperhatikan kebersihan lingkungan dan berpola hidup sehat. Dan apabila sudah terinfeksi, maka dapat diobati dengan menggunakan salep atau obat kudis.

4. Eksim

Eksim biasa juga dikenal dengan radang kulit atau dermatitis. Dengan ciri-ciri kulit berwarna merah, kering, berserpih, dan sangat gatal karena kulit yang meradang dan iritasi. Bagian kulit tubuh yang terkena eksim akan terasa kering dan menebal menimbulkan koreng. Penyebab eksim sendiri belum diketahui secara pasti, namun salah satunya adalah daya tahan tubuh yang menurun atau aktivitas imun. Selain itu adanya gaya hidup yang tidak bersih.

Eksim dapat terjadi diseluruh bagian kulit tubuh, namun lebih sering muncul pada tangan dan kaki. Adapun jenis eksim yang paling sering muncul adalah eksim atopik.

Penyakit ini dapat disembuhkan dan ditekan rasio kekambuhannya, jika ditangani secara benar. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan salep atau krim hydrokortison, yang mengandung kortikosteroid dengan fungsi untuk mengurangi proses inflamasi. Atau jika kulit terasa kering dan gatal, Anda dapat mengoleskan lotion atau krim pelembab untuk menjaga kulit tetap lembab.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-J1bEQ75gnnk/T018UjeSc6I/AAAAAAAAAHM/Wdl3uN_sKRU/s1600/panu,-kudis-dan-kurap-pada-kulit2.jpg

Komentar