kaki bengkak saat hamil,mengatasi kaki bengkak,Saat hamil banyak perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil, diantaranya kaki bengkak. Kaki bengkak sering terjadi pada trimester kedua dan ketiga.  Perut yang makin besar akan menambah berat untuk menopang tubuh sehingga tak jarang kaki menjadi bengkak. Kaki bengkak biasanya diakibatkan aliran darah pada kaki terhambat, tapi apabila ibu memiliki riwayat penyakit hipertensi (darah tinggi) maka ibu harus memeriksakannya pada dokter atau bidan tempat ibu memeriksakan kandungan.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi kaki bengkak saat hamil.

  1. Mengurangi makanan yang mengandung kadar garam tinggi.

Hal ini diperuntukkan bukan hanya untuk ibu yang memiliki penyakit hipertensi tetapi juga semua ibu hamil.

  1. Jangan terlalu lama diam dalam posisi duduk ataupun posisi berdiri.

Ibu hamil  pada usia kehamilan yang semakin mendekati masa-masa persalinan harus memperbanyak gerak. Ibu yang banyak bergerak dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh. Semakin tua usia kandungan maka semakin cepat lelah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun jangan pernah menyerah, lakukan hal yang paling mudah dilakukan seperti berjalan kaki setiap pagi. Hal ini baik dilakukan tidak hanya mengurangi kaki bengkak tetapi juga mengurangi kram yang biasa terjadi pada saat kehamilan. Selain itu udara pagi juga sangat baik untuk kesehatan, dengan berjalan kaki membuat otot-otot menjadi kuat dan mempermudah saat persalinan.

  1. Istirahat secara teratur.

Berikan waktu luang untuk tubuh beristirahat selama 15 menit untuk melancarkan peredaran darah. Ketika ibu berbaring, letakkan kaki diatas tumpukan bantal pastikan posisi kaki lebih tinggi dari posisi tubuh agar aliran darah pada kaki turun ke bawah sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki.

  1. Ikuti kegiatan senam kehamilan pada masa kehamilan.

Hal ini juga membantu kondisi ibu agar tetap stabil. Kegiatan ini juga membantu ibu memperlancar aliran darah tidak hanya tubuh tetapi juga pada daerah kaki agar kaki tidak bengkak. Gunakan sendal atau sepatu yang nyaman dipakai dan yang paling penting, jangan gunakan sendal atau sepatu berhak tinggi.

  1. Memanjakan kaki selama hamil ada dua cara, yaitu Siramlah kaki dengan air dingin, lakukan mulai dari atas hingga ke bawah sambil menggerak-gerakkan jari kaki ibu. Lakukan berulang-ulang selama beberapa menit kemudian rendam kaki dengan air hangat yang diberi garam dan jeruk nipis. Cara memanjakan kaki yang kedua adalah dengan memijat telapak kaki dengan baby oil setiap pagi dan malam.
  2. Pijat perlahan-lahan telapak kaki untuk menimbul­kan efek nyaman, sekaligus melancarkan peredaran darah.
  3. Waspadai kaki bengkak setiap pagi hari dan berat badan meningkat lebih dari 1 kg per minggu pada pertengahan usia kehamilan, segeralah periksa ke dokter. Hal ini merupakan tanda-tanda keracunan kehamilan.

(Dari Berbagai Sumber)

http://3.bp.blogspot.com/-ZqchVEXBdEM/TwV3WrWDoVI/AAAAAAAACx4/JK0IPwnEBQI/s1600/swollen-feet-web.jpg