Mengatasi Anak Hiperaktif

Mengatasi Anak HiperaktifBunda Rama merasa kewalahan menghadapi putra semata wayangnya yang berusia 5 tahun. Hampir setiap hari ada saja laporan dari guru di sekolah atau tetangganya tentang kenakalan-kenalan Rama. Menurut psikolog yang didatangi oleh bunda Rama, ternyata Rama tergolong anak yang hiperaktif.  Dan bagi sebagian besar ibu, memiliki anak hiperaktif adalah ketakutan yang sangat besar.

Ada tiga gejala yang mengindikasikan seorang anak memiliki gangguan hiperaktif:

  1. Inatensi, yakni rendahnya pemusatan perhatian atau konsentrasi pada anak. Anak-anak degan gangguan hiperaktif tidak atau hanya memiliki kemampuan berkonsentrasi yang sangat rendah. Perhatiannya begitu mudah teralihkan dari satu hal ke hal yang lainnya.
  2. Hiperaktif, yakni anak tidak bisa diam. Ia banyak melakukan gerakan-gerakan dan begitu sulit untuk dibuat duduk diam dan tenang. Ia senang berlari-lari, membuat suara-suara berisik, berjalan kesana kemari, dsb. Karena itu, seringkali anak hiperaktif pulang dengan membawa banyak luka akibat ulahnya sendiri.
  3. Impulsif, yakni lemahnya menunda respon. Perilaku impulsive ini ditandai dengan ketidakmampuan anak mengendalikan sesuatu. Ia biasa melakukan segala sesuatunya tanpa pertimbangan dan sering kali ditunjukkan dengan ketidaksabaran.

Nah, ketika anak mengalami gangguan hiperaktif ini, para ibu biasanya menjadi gugup dan kebingungan. Sering kali mencoba menutup diri dan tidak mau mengakui apa yang dialami anaknya. Padahal, sebetulnya, tidak perlu gugup atau kuatir yang terlalu tinggi.

Menerima dengan ikhlas. Segala sesuatunya telah ditentukan oleh Yang Maha memberikan anak, yaitu Allah. Jika Allah menguji kita dengan hadirnya anak dengan gangguan hiperaktif, itu tandanya Allah Tahu bahwa kita mampu dan dapat mengatasi serta mendidik anak dengan sebaik-baiknya.

Anak hiperaktif cenderung memiliki kecerdasan yang luar biasa. Ini yang sering kali dilupakan bahkan tidak diperhatikan. Para ibu cenderung bergulat dan berkutat pada kesedihan dan kekecewaan terhadap putranya. Tapi tidak mau melihat, bahwa anak-anak dengan gangguan hiperaktif ternyata memiliki kecerdasan yang luar biasa. Tugas ibulah yang mencari dan menggali kecerdasan ini.

Ajarkan kedisiplinan. Anak-anak hiperaktif cenderung tidak disiplin. Mereka tidak mau tenang, dan cenderung membangkang. Tidak patuh pada aturan. Nah, jika demikian, maka Anda harus membuat sebuah “kontrak” perjanjian dengannya untuk berlatih disiplin.

Tidak menghukumnya secara berlebihan. Bukan salah anak Anda jika ia hiperaktif. So, jangan menghukumnya karena gangguan hiperaktif ini. Melatihnya berdisiplin, oke. Tapi, dengan cara yang baik dan benar.

Lebih banyak bersabar. Ini adalah tuntutan utama bagi para orangtua. Tanpa kesabaran, maka Anda tidak akan dapat menangani anak Anda dengan baik.

Menjaga komunikasi dan biarkan ia merasakan kasih sayang Anda. Ketika anak melihat dan merasakan perhatian yang diberikan orangtuanya, dan memang, perlu diakui, bahwa menjalin komunikasi dengan anak-anak hiperaktif ini harus senantiasa. Ibaratnya, harus setiap menit kita mengajaknya berkomunikasi. Dan bukannya memanjakan, perhatian terhadap anak-anak hiperaktif memang harus lebih banyak dibandingkan saudara-saudaranya yang normal.

Sumber Gambar : https://yt3.ggpht.com/-ktuVZDwDedk/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/kJkV_3Pkeyg/s900-c-k-no/photo.jpg

37 Komentar

  1. putera saya 2 tahun 2 bulan, aktif sekali, ngga pernah bisa diam, kalau diajak main keluar rumah bisa berjam-jam lari keliling komplek dan sangat susah untuk diajak pulang, dari segi kecerdasan putera saya sudah mengenal warna, huruf hijaiyah, alphabeth, menghitung 1-10, bernyanyi lagu anak2, membaca doa2, tapi aku bingung deh bun, kebiasaan putera saya yang suka main pukul sama teman bermainnya, hal ini membuat dia dijauhi teman2nya. awalnya saya tidak pernah memberikan hukuman fisik kepada putera saya, namun setelah semakin besar, saya mengancam kalau dia memukul lagi akan saya sentil tangannya, hal ini ternyata tidak efektif juga. kelakuan lainnya puteraku sering ngamuk, berguling-guling, teriak-teriak…..kalau sudah seperti itu saya diamkan saja dan pura2 tidak melihat, akhirnya dia diam sendiri. apakah anak seusia ini memang seperti itu ya?ada masa2 tantrum.

  2. biar pun belum menikah, ilmu ini juga sangat perlu dipahami

    http://nurse-id.blogspot.com

  3. saya ibu yg bekerja, mempunyai 2 org putra laki2 yg pertama umur 3th 2bln, yg kedua 1th 9bln.suami juga bekerja, anak2 sy titipkan kepada mertua dan ada pengasuh.dirumah mertua sy juga ada ponakan 2 org perempuan umurnya 7th dan 4th, sy sedih sekali karna perilaku dan omongan anak sy jelek, karna ponakan suami sy dan mertua (yg perempuan) selalu berbicara yg tidak baik (elu, bego, goblok, gila, oneng)dan itu berdampak sekali terhadap ke 2 anak sy.sy selalu mendapat laporan dari pengasuh anak sy kadang2 diajari oleh ponakan suami sy dengan omongan yg tidak baik, dan setiap sy pulang bekerja dan hari libur sy selalu mendengar kata2 yg tidak baik itu keluar dari mulut anak sy,setiap menjelang tidur sy selalu menasehati pelan2 tapi anak sy selalu melakukannya lagi dan lagi, sy juga sudah berbicara dengan suami tapi suami selalu bilang (habis anaknya juga susah) dan mertua (perempuan) juga selalu bilang (biarin aja nanti juga hilang sendiri ngomong jeleknya)sy sempat kesal sekali dengan tanggapan suami dan mertua (perempuan) sy. mohon sekali bantuan sarannya sy harus bersikap bagaimana terhadap anak2, suami dan mertua sy…trimakasih sekali….

  4. saya seorang ibu yg bekerja memiliki anak laki2 usia 3th 2bln, selama saya dan suami bekerja anak saya titipkan ke rumah orang tua saya. dirumah orang tua saya juga ada sepupunya ( laki2 jg ) yg usianya sama dg anak saya. Setiap sore saya jemput selalu mendapat laporan bahwa anak saya telah memukul neneknya, sepupunya dan tetangga2, memecahkan keramik dan mainan..bahkan pernah ibu saya bibirnya sampai berdarah karna dipukul dg anak saya. Tapi kalau ada ayahnya, anak saya tidak berani. Kalau menangis, anak saya juga suka memukul siapapun yg ada didekatnya. kalau dinasehati tidak mau mendengar, bermain terus tanpa kenal lelah dan tidak bisa diam, diamnya hanya saat tidur saja. Tapi kalau menonton film kesukaannya dia bisa diam dan mengerti jalan ceritanya. apakah anak saya termasuk hiperaktif?? tolong infonya ya.. trims..

  5. Anak saya laki2 umur 2 th 6bln,dia sangat hiperaktif,paling suka lari2, loncat2,Dan lebih suka merusak mainan Dari pada di mainkan,daya than tubuh ank saya sngt kuat,badan Nya besar seperti umur 4thn,jarang sekali sakit,saking kuat ya dia bisa mndorong galon berisi air penuh,mematahkan kunci yg msh mngantung d lemari,sepeda bisa dia angkat ke atas kasur,lantai belakang rumah pun ikut bolong2 karna tiap hari ia congkel2 pakai tangan atau sendok,tp anehnya anak saya tidak terluka sedikit pun.. Dalam bermain ia tidak pernah Buat ulah,tp bila Ada tmnya mngambil mainan Nya dia tidak segan untuk mndorong tmn Nya,kadang saya malu Loh bun Ada Saja yg ia rusak,sy ajak ke restoran wastafel bisa lepas,saya ajak ke salon keran air lepas sampai air muncrat ke mana2,Ada Saja kehebohan yg ia Buat,knp ya bun anak saya? Apa perlu di terapy,anak say blm bisa lancar bicara,krn ia kurang focus bila sy ajak bicara,tp ia hobi sekali bernyanyi *dengan nada benar tp kta tidak jelas,bila ank hiperaktif itu jenius,di lihat Dari sisi apa Nya bun?mohon pnjelasanya…. Dan bgai mana mengajar kan yg benar agar anak sy lancer bicara..sy sngt kualahan krn sy single parent. Thanks :)

  6. anak saya berusia 2 tahun 7 bulan, saya memiliki anak hiperaktif. anak saya memiliki kecerdasan yang luar biasa…karena jika sy memberikan mainan atau buku2 yang mendidik dia sangat suka belajar. jika saya membelikan mainan dia pun akan berkonsentarasi tinggi begitu pula apabila di berikan tontotan anak seusianya dia bs duduk diam berjam2. tp klo dia sudah bosan dengan semuanya itu dia akan membanting2 barang, memukul, meloncat2…apabila dimarahi dia akan tertawa dan tdk menangis. kadang sy bingung menghadapinya,,,,kadang juga bs emosional. mohon dukungan semua pihak untuk memberikan tips mengatasi anak hiperaktif. dan sy perlu jawaban kira2 sampai kapan sikap yang kelincahan dan terkesan nakal ini berlangsung. terimakasih untuk infonya

  7. Anak laki-lakiku berumur 13 thn SMP kls.7, dan sdh dilakukan pemeriksaan psikologi ternyata dia sngt hiperaktif /ADHD, dengan ciri2: sulit berkonsentrasi nilai sekolah selalu payah, sering dimarahi guru, smp skrg belajarnya hrs sy ajari, kalo belajarnya dilepas alias sendiri nilainya buruk, sering sekali bicara kotor, sulit diatur, kalo main game di warnet bs berjam-jam, berani dngn orang tua, dinasehati gak pernah mempan, hadiah yang diberikan papanya selalu berumur 1 hari sj alias hancur, bahkan makan dimeja makan pun jalan-jalan apalagi piringnya sehbs makan jorok bngt, utk mengurus diri sendiri aja blm bs, kamar seperti kandang ayam dan msh bnyk lg yang bikin sy kesel dan menangis, pokoknya persis seperti anak kecil. Mungkin ada yang bs membantu apa sebaiknya yg hrs sy lakukan, trims atas nasehatnya.

  8. Ponakan ku umur 14 thn, cewe, ga bs diam, sll berlebihan dlm bersikap, contoh dia terima sms lalu teriak teriak membuat orang sekelilingnya kaget luar biasa, sepertinya selalu mencari perhatian, menonton sesuatu yang menurut orang lain ga lucu dia tertawa ngakak, malas belajar, sangat sulit konsentrasi, saya panggil gulu les privat sy perhatikan dia ga bisa konsentrasi, selalu perhatiannya teralihkan oleh hal hal kecil, tubuhnya selalu berkeringat walaupun di tempat ber-AC, ga pernah kedinginan di tempat yg suhu udaranya dingin, apa yg dipegang sll rusak atau jatuh, apa gejala ini sama seperti anak hyperaktiv? kalau bukan itu apa ya? sy pkr dia hanya merasa kurang perhatian krn jauh dr orangtuanya, sy menyekolahkan 2 ponakan sy, dia dan adiknya, sy sngt sayang pd mereka dan sll berusaha untuk memberikan bnyk perhatian yg sama antara dia dan adiknya, dan adiknya memang tdk sprt dia, berprestasi, terbuka kpd sy, lengket sm sy, tp tdk kakaknya. bagaimana ya? mohon masukkan nya..makasih

  9. Anak saya usia 4,5 tahun. sangat aktif, dia suka menghancurkan mainannya, membanting dan membongkarnya. kalau sudah berlari dia akan terus berjam-jam. atau kalau lagi mau tertawa dia tertawa terus-menerus, bahkan kalau dia mau main game dia tahan seharian full hanya istirahat makan (kadang tidak mau). kalau ditegur semua barang akan dibantingnya, dan mencakar orang lain. saya sangat bingung, kalau anak hiperaktif katanya tidak bisa diam, tapi anak saya bisa duduk diam seharian main game atau lihat film kartun, tapi kelakuannya berubah-ubah, besoknya mungkin dia akan berlari-lari berjam-jam atau merusak barang dibanting tanpa henti, kesannya manja tidak nakal, dia lancar bicara tapi bulan-bulan belakangan ini tidak mau bicara normal malah menirukan suara bayi tanpa makna terus menerus. sehingga kami kebingungan memahaminya, kalau kami tidak paham dia akan mencakar dan memukul kami dan yang sangat menggangu dia selalu mengganggu tamu-tamu saya bahkan memukuli mereka. teman-teman mengatakan dia hiperaktif dan sangat berfantasi. mohon bantuan semua pihak. terima kasih.

    1. dari cerita bapal ariel coba putranya di periksakan ke bagian tumbuh kembang anak atau klinik-klinik anak yang mempunyai pelayanan terpadu. hiperaktif yang berlebih perlu mendapatkan terapi perilaku dan biasanya disertai diet GFCF.

  10. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani terapi wicara, sensori integrasi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  11. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus dengan psikolog, terapi wicara, sensori integrasi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  12. anak saya laki2 2y7m.. hyperaktif, dan sampai saat ini belum lancar bicara. anak saya suka sekali lompat2 diatas kasur dan atau berlari berkeliling diatas kasur… dulu malah bisa sampai berjam2 melakukan hal itu tanpa mengenal capek. anak saya tidak bisa diarahkan, tidak mau menoleh atau menatap setiap dipanggil.
    Belakangan saya masukkan dia di kelas terapy, dan alhamdulillah skg sdh banyak perubahan.. dia sudah mulai mau menatap mata dan menoleh saat dipanggil, kegiatan lompat dan lari berkeliling di kasur pun mulai berkurang. sekarang dia sudah mengucapkan ujung dari setiap kata2 kami orangtuanya atau dari dalam film favoritnya..
    saya terapkan diet susu sapi dan gluten. susunya saya ganti dengan susu soya..
    Mengingat rasa susu soya yang kurang sedap (menurut saya dan anak saya, karena dia menolak u mengkonsumsi ) saya mensiasati dengan mencampurnya dengan susu formula biasa ( perbandingan 2:1 – saya: formula).. Nah, sekarang ini di supermarket ada susu soya cair dalam kemasan botol kaca, rasanya lebih enak krn ada aroma mocca yang menyamarkan aroma khas soya.. anak saya lebih suka mengkonsumsi susu soya jenis ini, apakah ini baik untuk anak2??
    Mohon sharingnya…

  13. Putri saya yang pertama, Nasywa berusia 4th dan sudah bersekolah di playgroup. pada usia 3th dia memiliki adik yg kebetulan putri juga. nah, mulai saat itulah tingkah lakunya mulai hiperaktif. dia sering bikin masalah. dia tidak mau duduk tenang,tidak mau nurut dan sengaja bikin ulah. ada saja tingkahnya yang membuat kami marah hingga kami tak mampu mengatasinya. kami tahu kalau semua tingkah lakunya adalah bentuk dari mencari perhatian kami dan kamipun berusaha untuk tidak menomor duakannya dari adiknya karena kami tahu itu akan mempengaruhi psikologisnya. sampai tulisan ini ditulis penulis masih belum mampu mengatasi masalah diatas dan belum menemukan solusinya.mohon berikan solusi yg tepat…B4 thanx..

  14. sy seorang ibu yg memiliki seorang anak laki-laki berumur 4 tahun dan pada umur dua tahun setengah sy masukkan sekolah playgru. raja sebutan anak sy dia seorang anak yg sgt hiperaktif, bersuara besar tdk sabar dlm meminta sesuatu harus dituriti kalau tdk dia mengamuk tdk bisa diatur bgm solusinya untuk mengatasi tingkahnya yg membuat sy pusing tks

  15. Saya memiliki anak lelaki 2 orang, 4 tahun dan 6 bulanan (bayi). Anak saya yang pertama, ada indikasi Hyper Aktiv, sudah terilhat dari kecil. Saya dan istri saya agak kewalahan mengatasinya. Kami sangat sayang padanya, apapun keinginannya kami turuti. Saya bekerja diluar rumah dalam waktu tertentu sampai sebulan sekali, di Pemboran Minyak dan Gas, praktis saya kurang begitu mengetahu perkembangannya. Tahu-tahu sudah besar saja. Orang menganggap anak saya bandel, membangkang dan membuat pengasuh tidak betah bekerja pada keluarga kami. Kegiatannya sehari-hari tidak pernah diam, berlari, ekpresi, menggambar dengan crayon serta bermain di kolam dangkal. Anak kami sudah bisa dengan mudah mengetahui dasar-dasar pengetahuan untuk anak diatas usianya, seperti warna, bentuk, alat musik dan jenis kendaraan dan alat berat. Belakangan ini dia kami coba bersosialisasi di Kelompok Bermain (Play Group) tetapi, dia tidak mau untuk disiplin dan cenderung membangkang, dia mau apa yang dia akan lakukan saja.

    Mohon pendapat pengasuh apa yang kami lakukan untuk buah hati kami.

  16. salam sejahtera bapak dan ibu
    saya adalah mahasiswi S2 psikologi. Berlokasi di jakarta. Saat ini saya sedang menyusun Tesis.

    Berhubungan dengan tesis yang sedang saya susun, saya ingin memberikan bantuan program terapi bagi orangtua yang memiliki anak hiperaktif yang berusia 4-8 tahun.

    Semua yang berkaitan dengan bantuan ini tidak dipungut biaya apapun.

    apabila ada orangtua yang bersedia mengikutsertakan anaknya dalam program terapi, mohon menghubungi saya di email [email protected]
    Atas perhatian bapak dan ibu, saya ucapkan terimakasih.

    salam,
    Indira Giamsyah

  17. saya mempunyai 1 anak (sementara tunggal) yang berusia 5,5thn. dan sekarang sudah TK-B. saya sudah sering terima informasi dari guru di sekolah kalo anak saya tidak bisa diam kalo di dalam kelas ataupun jika ada kegiatan di luar ruang kelas. contoh nya jika ada action song yang dilakukan bersama teman2nya, dia akan membuat gerakan sendiri yang berbeda dari teman2nya. untuk di dalam kelas, setiap kali ada tugas dia akan segera menyelesaikannya dan kemudian akan berputar2 didalam kelas sembari mengganggu teman2nya. hal ini tentu saja sangat mengganggu baik guru maupun teman yang lain. yang saya khawatirkan adalah kalo sebentar lagi masuk ke SD apakah anak saya bisa mengikuti pelajaran yang tentunya sudah sangat membutuhkan konsentrasi???
    jika di rumah dia juga tidak bisa diam, nonton televisi pun tidak bisa diam, dia akan mendorong kursi ato melakukan hal2 yang lain yang malah sering membuat saya kewalahan ato jengkel.
    apakah ada yang punya pengalaman seperti saya?
    mohon saran…

  18. Bagaimana cara menangani anak hiperaktif , fikiran saya sedeh dan bercelaru baru beberapa hari kesekolah biasa nampaknya ia mengecewakan saya .
    Dia anak lelaki bongsu saya yang dilahirkan masa umur saya 44 th. disebabkan saya ada darah tinggi kelahiranya secara penbedahan dan mungkin tak cukup matang , sistem penghadhaman tidak o.k dimasukkan wad selama 20 hari lebih.
    Hanya doa kudus saya titipkan kepada setiap masa.
    Mungkin ini ujian Allah terhadap umatnya.Itulah hakikatnya. Boleh tolong redakan kegusaran saya ini.

  19. dear ibu…saat ini kondisi saya sedang hipeless sekali…saya slalu mrasa bukan ibu yg baik…tiap x anak saya chicco umur 6th 9bln berulah.hampir tiap minggu saya dapat pangguilan dr skolahnya. tiap hr isi bukom skolah jg slalu kluhan atas knakalan ank saya slama dsekolah…hasil observasi slama 5bulan dr psikolog skolah anak saya di nyatakan harus terapi sikap dan pakai shadow teacher u di sekolah. tp ak

    saya lbh memilih utk terapi dulu. yang buikin saya =
    +sedihn karena saya single parent n mantan suami tdk dapat di ajak kjasama dgn baik. contohsoal saya minta biaya u terapi dia malahan marah2. saya jd smakin tertekan dgn kondisi ini. saya kwatir dgn kondisi anak saya jika tdk cepat di tangan. anak saya salau kluar kelas,ganggu temannya,tdk dapat fokus lama dalam mendengarkan materi plajaran dr gurunya. di rumah jg slalu bikin masalah,tdk ada aturan. smua maunya dia saja. shingga sringkali kami btengkar.kadang saya sampe mnangis,menyesali smua keaddan skr yg hrus saya jalanin tanpa dkungan dr mantan suami. apakah ada klinik u anak hiperaktip di skitar jakarta selatan? rumah kami di cinere….trimaksih bu….

  20. Saya seorg ibu RT dg 4 anak, anak sy yg ke 2 kls 2 SD Hyperaktif dr TK sampai skrg tdk ada gurunya yg tdk mengeluh tentang kelakuannya di sklh. Sebenarnya anak sy ini anak yg pintar tp dia ga bisa konsentrasi n ga bs diam, di rmh pun begitu slalu aja kena marah krn nakal n suka mengganggu adik2nya… dan kadang2 juga suka merusak. Sy sangat syg sekali sama dia tapi dg sikapnya spt itu sy ga sabar menghadapinya. Tolong sy bagaimana caranya menghadapi anak sy ini. Tks

  21. saya sudah sering membaca artikel tentang anak hiperaktif,tp saya coba dan terapkan sama anak saya yeviro umur 5thn dia malah semakin hari semakin membangkang dan semakin keras kepala sama saya dan papihnya,dan saat ini saya putus asa harus kemana lg cari sekolah yg untuk anak hiperaktif karna belum lama ini anak saya sudah dikeluarkan dari sekolah TKnya hanya karna berantem sama temannya dan dari pihak kpala sekolah tdk ada kebijakan masa anak TK dikeluarkan hanya krn berantem dmn kebijakan seorang guru TK.sampe saat ini saya putus asa harus kmn lg anak saya harus disekolahkan.mohon bantuan atau info untuk anak hiperaktif di bogor. tnks…

  22. assalamualaikum,,
    wah agak lega setelah membaca artikel ini, setidaknya saya jadi memiliki pengetahuan dan rencana2 kegiatan apa saja yang bisa saya berikan untuk bahan belajar saya dan anak didik yang hiperaktif. sebenarnya saya tidak berkeluh tentang anak yang bersangkutan karena saya sendiri tahu bahwa anak tersebut sebenarnya anak yang cerdas dan sangat berpotensi. saya hanya sangat menyayangkan sikap perilaku dan kebiasaan para warga dirumah si anak (kita home schooling). orang2 dirumah cenderung memperlakukan si anak sebagai anak nakal, dan bagi saya terlalu sering memberikan berbagai ancaman jika dia tidak mau berlaku baik, malah tidak jarang dihajar. apalagi request dari sang ibu dari awal adalah paket belajar yang cepat, agar anaknya segera normal kembali. saya lalu berpikir bagaimana usaha saya untuk mengarahkan anak menjadi lebih baik jika oleh orang2 yang hampir setiap waktu berada di samping anak bersikap berlawanan arah dengan visi saya, dan mintanya yang cepet lagi,, mohon saran dan masukannya ya, teriakasih banyak,,
    wassalamualaikum..

  23. Saya mempunyai anak laki2 yang berumur 6 tahun yg sudah masuk SD kelas 1. Selama ini dia tumbuh besar lebih banyak bersama nenek dan kakeknya bersama 2 anak saya yg lain(dia anak tengah dari 3 bersaudara)karena saya dan suami bekerja.Saya tidak menyadari kalau dia hiperaktif karna perkiraan saya dia hanya nakal biasa sampai saya melihat hasil UTS nya dari sekolah. Hasilnya sama sekali mencengangkan…dia tidak menjawab satupun dari pertanyaan guru…!!!

    Dia tidak bisa diam, dan mengalami masalah dengan konsentrasinya….menulis tidak bisa sesuai dengan contoh…membaca apalagi…sebetulnya dia sudah menghapal huruf, matematika lumayan..(sudah bisa menjumlah) tapi di kelas dia sangat tertinggal…ketika suami sengaja melihat dia di kelasnya ternyata dia sedang menari2 di atas kursinya…(dia juga pernah bercerita kalau dia sering berkelahi dengan temannya).

    Tolong Bu….harus bagaimana kami memperlakukan dia..??? Kedua anak kami yg lain termasuk yg normal malah termasuk cerdas… Tapi saya tidak tau harus bagaimana dengan anak kami yg kedua itu…

    Saya mohon Ibu dapat memberikan saran dan menolong kami untuk mengatasi anak kami itu.

    Terima kasih saya ucapkan sebelumnya..

  24. saya mmpunyai seorang anak perempuan usia 2thn3bln, anak saya sangat aktif,.gak bs diam spt teman2nya, saya sring memberi hukuman akan ksalahannya tp stlh itu saya sangat menyesal ap slh anak saya sampai menerma hkman dr saya,apalg klo kel sy ikt memarahi,. Saya mohon sarannya via email sy saja. .trima ksh

  25. Dear Pondok Ibu,

    Saya mempunyai 2 orang anak. Yang pertama perempuan berumur 8 tahun, dia adalah anak normal. Yang kedua laki-laki berumur 3.5 tahun, tergolong hiperaktif, namanya Ade.

    Ade anaknya sangat nakal, tidak bisa diam, selalu berakting silat, main pukul, tendang dan gangguin teman mainnya sampai nangis. Dia paling suka gangguin kakaknya, dipukul dan ditendang juga.

    Mungkin hanya saya, ibunya yang mau didengarkannya, tapi tidak saat nakalnya muncul.

    Dia tidak takut sama siapapun termasuk ayahnya.

    Karena kelakuan Ade, kakaknya merasa iri karena harus mengalah terus pada adiknya.

    Bagaimana cara mengatasinya???
    Mohon bantuannya…
    Terima kasih..

  26. saya sulit mrnangani anak hiperaktiv, gk bisa diem, sebentar2 keluar dari tempat duduknya dikelas dan mengganggu teman…. bagaimana cara menanggulanginya……?????

    teruss kurangnya kasih satyang dari orang tua terutama ibu karena ditinggal kerja ke luar negeri, sehinngga dia tinggal bersama nenek’ya… efeknya dalam belajar kutang konsentrasi, tdk ada semangat, sehingga materi pelajaran tidak masuk.. cara mengatasinya bagaimana????

    Minta saran’ya………….

  27. ada ga yaa sekolah / klinik untuk anak yang HIPERAKTIF. klo misal y ad tolong email ke [email protected]
    terima kasih

  28. sya seorang Guru TK yg bru mngjar blum sampai 1 bulan.Sya memiliki seorang murid yg sngat nkal sekali.Saya sampai pernah ditendang,dipukul tp sya gk pernah menghukumx krn sya ksihan.Sya hx memperingatkan untuk tdk mngulangi perbuatn tu lagi.Tp ank tu tetp N dy jga sering gangguin teman2x hingga tmanx tu nangis.
    Sya mohon sran dr anda semua pa yg hrus sya lakukan?????
    sya masih kurang penglman tuk mngjar TK N sya jga msih blm berkeluarga.
    Thnks to all………….

  29. To : Bu Rosnita anggraini
    klau mnurut pndpt sya,sebaikx ibu mnuruti kesukaan ank ibu,jngan smpai qt mengekang keinginanx.Sya pkir bermain bulu tangkis,sepak bola tu sngat baik krn termsuk olahraga.Sedngkn tuk bermain games,sbaikx seorang ibu hrus betul2 memperhtikn permainan yg dimainkn oleh ank qt.Apabila mngrah pd hal negatif mka qt hrus mnghentiknx.

  30. To : Bu dhian soraya
    klau mnurut pndpt sya :nkalx ank ibu disebabkn krn krangx ksih syang dan perhatian dr kedua orng tuax.Knp dy sering mrah-mrah atau yg lainx tu sbenarx dy hx ingin mnunjukkan apresiasi dr dlm dirix bhwa dy sngat btuh ksih syang dr kedua orng tuax terutma dr seorng ibu.jdi,sran sya tlong luangkn wktu ibu bersma ank ibu apalagi dy usiax msih BALITA tentux di usia tu dy sngat membtuhkn kasih syng N perhtian dr orng tuax.

  31. saya memiliki 2 orang anak laki2. yang pertama kelas 4 sd dan yang ke 2 kelas 2 sd. anak saya yang pertama cenderung hyperaktif. sejak tk sampai kelas 4 ini saya selalu mendapat laporan dari gurunya bahwa anak saya selalu membuat masalah di kelas dengan banyak jalan2 dan mengajak teman2nya ngobrol. hal ini membuat nilainya kurang memuaskan. saya tau anak saya sebenarnya tidak bodoh dan mampu mendapat nilai baik jika ia mau lebih berkonsentrasi. hal ini sudah beberapa kali ia buktikan dengan membawa pulang nilai yang sangat muaskan. tapi hal itu terjadi jika saya memberlakukan dia dengan sangat ketat dalam hal belajarnya.

    saya sangat ingin anak saya mandiri, apalagi dia sudah mulai besar..belakangan ini saya hanya mengawasi belajarnya dan hanya memberi nasihat dengan tidak memperketat waktu belajarnya seperti dahulu. tapi hasilnya, saya dipanggil oleh gurunya karena nilainya kurang dan dia sering ribut dan tidak bisa diam saat pelajaran dikelas. bahkan belakangan ini anak saya sering di setrap oleh gurunya dengan disuruh belajar diluar kelas, berdiri di pintu, bahkan kursinya diambil karena ia tidak bisa duduk diam saat pelajaran. saya sudah sering menasehati anak saya..saya berusaha untuk tidak memarahi apalagi menghukum anak saya spt sebelumnya. tapi sepertinya hal ini bukanlah hal yang tepat yang saya lakukan. karena sedikit kelonggaran yang saya berikan maka nilai akademisnya akan turun. apa yang harus saya lakukan agar anak saya bisa lebih berkonsentrasi? karena hampir semua guru mengeluh anak saya tidak bisa diam dikelas, sehingga mengganggu aktifitas belajar dan akhirnya dia pun ketinggalan pelajaran yg diberikan karena di hukum oleh gurunya.

    mohon berikan saran bangaimana saya harus bersikap menghadapi anak saya ini. sedangkan saya sudah sering memberikan nasihat dan contoh2 untuknya..

    terima kasih

  32. Wah artikelnya bagus, bolehkah saya menyebarkan artikel ini di website saya? agar orang tua pasien kami bisa ikut membaca dan mendapatkan manfaatnya..

  33. Saya mpunyai anak brumur 4 th 4 bln sangat hiperaktif apa yg mesti sy lakukan ? Tp anak sy suku main bulu tangkis,sepak bola,sepeda,games yg mana yg baik buat anak seumur anak sy.

  34. saya memiliki seorang anak laki-laki umur 3 tahun.
    anak saya ini setiap harinya dari pagi hingga sore tinggal bersama nenek, kakek dan bibinya yang masih kelas 6 SD, sore sepulang kerja baru dijemput baik oleh ayahnya maupun saya.
    nah kalau ditempat kakek neneknya anak saya ini tidak begitu lasak, tetapi kalau sudah dirumah bersama saya dan suami, tingkah dan kelakuannya sangat keterlaluan, nakal, suka memaksakan kehendak, suka menjerit, suka marah marah, dan sangat tidak sabaran. segala upaya sudah saya coba, mulai dari membujuknya, menasehatinya, memarahinya, meghukumnya bahkan mendiamkan semua kelakuannya. tapi tidak juga anak saya ini berubah.
    lalu saya masukkan sekolah TK, namun anak saya ini tidak mau.. saya benar-benar kehabisan akal bu.

    tolong saya bagaimana cara menghadapi dan mengatasinya ya… kirim saja via email saya.
    terimaksih.

  35. Tks Pondok Ibu,
    Dengan membaca artikel ini saya ada masukan mengenai anak hiperaktif. Saya seorang single parent dengan 2 anak. Anak saya yang kedua cenderung hiperaktif malah pada awalnya saya menyangka dia amat nakal dan sulit di atur, tidak nurut…wah pokoknya saya frustasi mengahadapi anak saya yang bungsu ini dan itu masih berlanjut hingga saat ini. Hampir setiap hari saya mendapat laporan dari omanya kalo anak saya yang bungsu ini selalu bikin marah, kesal…. Tidak jarang saya menghukum dia dengan keras, tapi dia tidak kapok keesokan harinya dia berbuat kesalahan atau hal2 yang sudah saya larang….kira2 kegiatan apa yang sebaiknya saya berikan agar kelebihan aktifnya itu dapat disalurkan..yang saya takutkan jika dia sudah remaja semakin sulit diatur. Mohon masukkannya. Tks.

Komentar