Mengajarkan Anak Usia Dini Mengatur Keuangan

mengajarkan anak mengatur keuanganAnak adalah anugerah terindah yang tidak ternilai harganya. Allah menitipkan anak mestinya untuk dijaga dan untuk diajarkan hal-hal yang baik agar nantinya bisa menjadi anak yang berguna bagi semua orang. Memberikan pendidikan anak usia dini bisa dari berbagai hal. Mulai dari anak belajar berdiri, belajar berjalan, belajar makan, menulis, membaca hingga belajar mengatur keuangan, dan bersosialisasi dengan orang banyak serta mencintai Allah yang menciptakan kita semua.

Meskipun tingkat pemahamannya masih cukup sederhana, tapi selaku orang tua harus bisa mulai mengajarkan anak usia dini mengatur keuangan. Kunci utama agar anak pandai mengatur keuangan adalah mengajarkan anak untuk lebih menghargai uang dengan memberikan contoh nyata dan beri pengetahuan yang sedehana mengenai uang.

Cara mengajarkan anak usia dini mengatur keuangan

1. Pada anak usia dini atau TK, tanamkan kebiasaan menabung

Belikanlah anak sebuah celengan, kemudian berikan sejumlah uang setiap pagi sebelum melakukan aktivitas. Katakan kepada anak berapa nominal uang itu dan kemudian tabungkan pada celengan yang sudah ada. Anda bisa memberi pengertian kepada anak bahwa jika tabungannya sudah penuh nanti bisa buat beli sepatu, tas atau buku untuk sekolah. Dengan semakin sering menabung maka semakin banyak uang yang dimiliki.

2. Mengajarkan anak untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan

Beri penjelasan pada anak bahwa barang itu ada yang mahal dan ada yang murah. Untuk mendapatkan barang yang mahal kita harus menabung dahulu sebelum membelinya. Katakan pada anak untuk mengendalikan keinginan untuk jajan sehingga besok bisa beli barang yang bermanfaat.

3. Biarkan anak membuat keputusan untuk mengatur uangnya

mendidik anak menabungAjarkan pada anak untuk menyisihkan sebagian uang sakunya dan beri pemahaman pada mereka. Jangan paksa anak menuruti keinginan Anda, semua kebaikan itu butuh proses.

4. Mengajarkan anak untuk berhemat dan berbagi dengan orang lain

Ajarkan anak untuk berhemat dengan memberi pengertian untuk tidak sering jajan, dari pada jajan mending uangnya ditabung. Katakan juga pada anak, nanti uang tabungannya bisa buat beli alat sekolah atau bisa disumbangkan untuk anak-anak yatim. Kebiasaan ini selain bisa mengajarkan anak usia dini mengatur keuangan juga bisa mendidik anak untuk berbagi ke[pada sesama.

Kemampuan otak anak dalam menerima suatu pendidikan atau ilmu masih terbatas, Anda harus mengingat hal itu. Jadi ajarkan kebaikan pada anak sedikit demi sedikit, jangan memaksa anak melakukan sesuatu diluar kemampuannya. Ada baiknya juga Anda mengajarkan anak sejak dini tentang zakat dan shodaqoh sehingga anak bisa belajar mengatur dan menghargai uang buakan hanya dari segi sosial tapi juga dari segi agama. Semoga bermanfaat ya Bunda??

Sumber gambar :
1. http://www.esseredonnaonline.it/uploads/iStock_000021414574Small.jpg
2. http://www.tipsmakemoney.com/uploads/2013/04/Save-Money-Earn-Money-1024x794.jpg

Komentar