bayi tidurTidak sedikit orangtua yang merasa frustasi menghadapi perkembangan bayi usia 9-12 bulan. Mereka merasa kesulitan untuk mengikuti siklus tidur bayinya.  Karena banyak orangtua yang tidak tahu bahwa sebenarnya wajar jika bayi sering terbangun dari tidurnya, karena siklus tidurnya memang belum sepanjang siklus tidur orang dewasa.

Orangtua kadang khawatir dengan tidur yang tidak teratur pada bayinya, karena tidur bagi bayi berdampak besar pada kesehatan mental, emosi, fisik, dan sistem imunitas tubuh. Pada usia 9-12 bulan, kebutuhan waktu tidur bayi sebanyak 12 jam, termasuk tidur siang dua kali selama 1,5- 2 jam.

Sebagai orang tua, Anda bisa membantu membiasakan pola tidur teratur pada bayi karena akan memberi dampak yang baik untuk tumbuh kembangnya. Cara untuk menerapkan pola tidur teratur pada bayi usia 9-12 bulan antara lain:

Tetap konsisten terhadap waktu dan rutinitas tidur malam

Pastikan ritual sebelum tidur menyenangkan bagi si kecil. Anda dapat membacakan cerita penghantar tidur, mengganti bajunya, menyanyikan lagu tidur, ataupun memberikan ciuman sebelum tidur. Ini akan membuat tidur bayi Anda menjadi lebih rileks. Pastikan Anda melakukan rutinitas yang sama setiap malam agar bayi Anda menjadi terbiasa.

Memiliki jadwal rutin harian

Jika bayi memiliki rutinitas harian yang dilakukan secara teratur dari hari ke hari, seperti mandi, bermain, makan, dan sebagainya, maka dapat dipastikan bayi Anda akan lebih mudah tidur malam. Tentukan jadwal tidur yang wajar pada malam hari, agar si kecil tidak merasa kelelahan.hanaroo

Biarkan bayi tidur secara mandiri

Berikan kesempatan bagi si kecil untuk berlatih tidur sendiri. Pada usia ini, sebaiknya Anda jangan membiasakan si kecil tidur karena digendong, ditepuk-tepuk, atau ditemani. Kebiasaan-kebiasaan itu akan membuat bayi menangis ketika ia terbangun di malam hari dan tidak melihat Anda disisinya. Jika bayi Anda terbangun, jangan ajak ia bermain, hampiri dan sapa si kecil serta biarkan lampu tetap redup.

Mengenali dan mempelajari perkembangan bayi 9-12 bulan tentang siklus tidurnya bisa dilakukan secara bertahap. Mengatur pola tidur bayi dapat membuat si kecil menjadi lebih sehat dan aktivitas siang Anda pun menjadi tidak terganggu. Perhatian dan komunikasi Anda pada bayi bisa membangun hubungan secara mental.

Sumber gambar:
1.http://www.klikdokter.com/slideimage/read/2011/04/20/56/jadwal-porsi-tidur-anak-berdasarkan-faktor-usia
2.http://pondokibu.com/produk/diapers/bedong-instan-hanaroo-untuk-kenyamanan-tidur-bayi-simple-dan-mudah-digunakan