Sebagaimana sifat dasar manusia pada umumnya adalah suka menahan hartanya dari pada memberikannya kepada orang yang kurang mampu. Demikian pula anak-anak, dia pada masanya itu akan enggan sekali melakukan hal baik itu, bahkan untuk meminjamkan mainannya untuk temannya dia akan sulit sekali. Bagaimana kiat agar anak mau dan menjadi suka berderma?

1. Berilah teladan yang baik.
Anak-anak akan melihat keadaan orang tuanya terlebih dahulu. Bagaimana mungkin anak akan suka berderma jika orang tua adalah orang yang tidak suka berderma? Maka jika kita menginginkan anak kita menjadi peduli terhadap orang yang membutuhkan, maka jadilah kita contoh yang baik.

2. Berilah dia kisah-kisah tentang orang yang berderma
Kisahkanlah tentang pertolongan Allah kepada orang-orang yang suka berderma. Bagaimana Allah mengganti kesempitan hidup mereka dengan kebahagiaan. Dengan kisah-kisah itu anak akan merasa tertarik untuk melakukannya pula.

3. Buatlah program-program menarik tentang berderma
“Berderma dengan uang yang ada di saku”, misalnya nama program itu. Tiap akhir pekan misalnya ajak keluarga jalan-jalan seraya menyerahkan sejumlah uang kepada anak dan pesankan, “Uang ini masukkan di sakumu. Setiap ada pengemis maka berilah dia uang yang ada di sakumu.”. Anak akan giat dalam melakukan program ini.

Atau program lain, misalnya “Siapa cepat dia dapat”. Seperti tadi memberikan sejumlah uang kepada anak dan memesankannya “Siapa di antara kalian yang paling cepat menghabiskan uang ini untuk diserahkan kepada pengemis maka dia akan mendapat hadiah dari ibu”. Maka anak-anak akan berlomba-lomba siapa di antara mereka yang paling cepat. Dari program ini diharapkan anak akan terbiasa mendermakan uangnya untuk orang yang membutuhkan.

4. Beri motivasi dia dengan ayat-ayat dan hadits-hadits tentang berderma.
Misalnya, siapa yang berderma di jalan Allah maka balasannya adalah dilipatgandakan 700 kali lipat. Atau yang lainnya.