Pendidikan & Psikologi

Mendidik Anak, Gak Perlu Takut Lakuin Ini Moms!

mendidik-anak-gak-perlu-takut-lakuin-ini-moms

MENDIDIK anak membutuhkan perhatian khusus. Sebagai seorang ibu, tugas Anda adalah mendidik dan mengawal pertumbuhannya supaya tidak melenceng dari norma.

Namun dalam mendidik anak, ada beberapa hal yang memang sebaiknya Anda lakukan tanpa perlu takut. Karena hal tersebut justru akan membuat perkembangan anak ke arah yang positif.

Berikut hal yang harus Anda tahu dalam mendidik anak:

Ambil tindakan

Anak-anak memiliki kemampuan yang terbatas untuk mengeksplorasi sekelilingnya. Bantu mereka memahami tentang kebingungannya pada suatu hal. Anda harus bersabar dan menunjukkan rasa cinta padanya dengan menetapkan batasan apa yang bisa mereka eksplorasi dan melakukan passion mereka secara aman.

Jangan patahkan semangat anak

Anak-anak Anda memiliki tujuan hidup untuk mandiri. Jadi ketika mereka ingin merapikan kamarnya sendiri, mencuci piring, dan membereskan mainan sendiri, jangan larang mereka untuk melakukannya. Beri mereka tanggung jawab untuk menghargai diri dan jiwanya.

Jangan berusaha memperbaiki semua

Berikan kesempatan pada anak-anak untuk mengatasi masalahnya sendiri. Tidak perlu selalu ikut campur menyelesaikan masalahnya. Tetapi lihat dulu, apakah dia bisa menyelesaikannya atau tidak. Jika Anda selalu mencoba memperbaiki masalahnya, maka Anda tidak akan tahu seberapa besar kemampuannya menyelesaikan masalahnya sendiri.

Disiplin bukanlah hukuman

Hal lain yang harus Anda sadari adalah bahwa disiplin bukanlah suatu hukuman. Ajarkan pada anak-anak untuk berperilaku sebagaimana mestinya dan bantu mereka untuk lebih berkompetensi, peduli, dan selalu berada dalam pengendalian diri yang bagus.

Pilih hal yang tepat diperdebatkan

Cobalah untuk tidak memperdebatkan hal-hal kecil. Anak-anak meniru apa yang dilihatnya. Sebagai ibu, Anda adalah panutannya. Tidak perlu berdebat tentang pilihan baju atau bertingkah aneh tanpa sebab. Fokuslah pada hal yang lebih penting, seperti tidak memukul, tidak berbicara kasar, dan tidak bohong.

SUMBER