Mendidik Anak Dengan Penuh Kreatifitas

mendidik anak dengan kreatifitasBagaikan air sungai yang selalu bergerak dinamis, begitu pula anak yang selalu berkembang dinamis pula. Perkembangan anak tersebut mau tidak mau membuat orang tua juga harus ikut mengembangkan cara mendidik anak. Seni mendidik anak, begitulah sering kita mendengarnya.

Seni membutuhkan kreatifitas tinggi, begitu pulalah harusnya orang tua dalam mendidik anak. Memang, tidak bisa kita menyamaratakan tingkat kreatifitas semua orang tua, tetapi setidaknya kita dapat belajar dari orang lain untuk menjadi orang tua yang kreatif. Berikut ini adalah beberapa tips kepada orang tua untuk mendidik anak dengan penuh kreatifitas :

1. Mengajari anak dengan cara yang ia sukai

Setiap anak memiliki kecenderungan yang berbeda dalam menangkap hal-hal baru. Ada yang suka dengan suara (audiutori), ada yang dengan melihat (visual), ada juga yang bertipikal kinestetis atau suka menyentuh langsung. Pastikan anda tahu kecenderungan anak anda dan perbanyaklah cara mendidik anak dengan kecenderungannya itu. Untuk tips lengkapnya, baca di Cara Mendidik Anak Sesuai Kesukaannya.

2. Gunakan berbagai gadget dan internet

Mendidik anak dengan gadget mulai menjadi pilihan orang tua. Cara mendidik anak seperti ini sangat disukai si anak karena dia bisa bermain games dan sambil belajar pula. Namun perlu diingat orang tua juga harus mendampingi saat bermain agar selalu terpantau. Sudah banyak games di internet dan software di gadget yang bertujuan untuk mendidik anak dapat mengetahui atau melakukan sesuatu, seperti sholat, mengaji, mewarnai, dan sebagainya.

3. Bermain bersama anak dengan permainan kreatif

Nah, inilah seni mendidik anak yang mugkin jarang dilakukan orang tua, yakni bermain bersama anak. Kalau bingung hendak bermain apa, carilah artikel atau buku-buku yang memuat permainan-permaian kreatif untuk anak. Tentunya anak akan sangat senang jika orang tuanya ikut bermain, dan orang tua pun senang karena dapat mengajari anaknya berbagai macam hal, seperti sambung kata, tebak benda dala kantong, dan sebagainya.

4. Bercerita

Ini adalah salah satu cara mendidik anak yang efektif karena anak lebih menaruh atensi dan mudah menangkap dengan bercerita. Orang tua yang kreatif harus sering bercerita kepada anaknya, terutama terkait agama agar sejak dini sudah mengenal Allah. Selengkapnya silakan baca Cara Mendidik Anak Agar Cinta Allah.

5. Mengajari anak dengan mainan edukatif

Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah dengan memberinya mainan edukatif, bukan hanya mainan biasa. Mainan edukatif ditujukan agar dapat belajar dengan cara bermain sehingga anak dapat mengetahui berbagai macam hal dengan mainan edukatif tersebut.

Anak merupakan asset tak ternilai harganya. Setiap orang tua pasti ingin mendidik anaknya sebaik mungkin agar bisa menjadi kebanggannya di dunia dan akhirat. Maka, mendidik anak itu harus dengan kreatifitas. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.meridianschools.org/Rebound/Rebound%20Highlights/_w/students%20do%20art%20project,%20preschool,%20elementary_jpg.jpg

Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa miring adalah mainan edukatif anak yang bermanfaat sebagai alat bantu menghitung untuk anak. Sempoa ....
Rp 62.000 Beli
Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....
Rp 95.000 Beli

Komentar