Anda tentu mengenal kata “promosi”, bahkan mungkin pernah melakukan kegiatan promosi, pernah mendapatkan promosi dari produk tertentu, atau pernah menyaksikannya saja. Promosi adalah suatu bentuk kegiatan untuk mengenalkan produk/barang, memberitahukan kepada konsumen kebaikan-kebaikan dan manfaat produk tersebut, dengan tujuan menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Promosi tentu tidak dilakukan sekali saja, melainkan terus menerus, meskipun barang telah dibeli orang. Tujuannya, yakni meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan pemasukan dan jumlah barang terjual.

Ada beberapa cara promosi yang biasanya digunakan orang untuk menarik minat pembeli, di antaranya adalah:

  1. Diskon. Siapa yang tak tertarik dengan diskon? Metode promosi dengan diskon ini banyak dilakukan oleh pemilik-pemilik toko untuk menarik minat pembeli. Caranya, dengan memberikan potongan harga pada suatu produk tertentu, atau bahkan seluruh produk yang ada di tokonya.
  2. Kredit. Barang yang dijual dengan harga tinggi tentu saja akan memberatkan konsumen. Mereka menjadi urung untuk membeli. Tapi, jika barang yang diujal dapat dibeli secara berangsur pembayarannya, itu akan sangat memudahkan pembeli dan menarik minat mereka.
  3. Pemberian sample. Type promosi ini juga paling banyak menarik minat konsumen. Konsumen diberikan contoh/sample produk agar mereka lebih mengenal dan mengetahui detil produk tersebut. Biasanya, promosi cara ini dilakukan untuk mengenalkan produk makanan/minuman atau kosmetika tertentu.
  4. Pameran. Kegiatan promosi melalui pameran dan bazaar dilakukan untuk mengenalkan produk kepada khalayak ramai. Biasanya, disertai juga dengan penjualan murah atau diskon.
  5. Undian dan kupon. Caranya, dengan memberikan lembar semacam tiket atau kertas yang cukup diisi dengan nama dan nomor identitas kepada konsumen, lalu dalam satu periode tertentu kupon yang telah terkumpul dipilih secara acak untuk menentukan pemenang yang berhak mendapatkan hadiah.
  6. Iklan. Melalui media, baik itu media cetak maupun elektronik, atau bahkan melalui reklame di jalan-jalan yang dilalui banyak orang, diharapkan dapat menarik minat pelanggan.
  7. Sponsor. Cara ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menunjukkan kebonafit-an perusahaan/produknya, dengan cara memberikan sumbangan untuk kegiatan-kegiatan yang disukai banyak orang.

Dari berbagai sumber.