Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Membuat Origami Ulat

membuat origami ulatTakutkah anak Anda pada binatang ulat? Binatang yang termasuk kategori serangga ini memang memiliki bentuk asli ulat yang tampak menyeramkan dan menggelikan. Namun dalam berbagai film anak, ulat digambarkan sebagai binatang yang lucu dan imut, lho.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba berkreasi membuat origami berbentuk ulat. Bahan yang diperlukan hanya kertas persegi warna-warni dan hiasan manik mata tempel. Berikut ini langkah sederhana membuat origami ulat:

  1. Ambil satu lembar kertas persegi, lipat bagian dalam kertas yang berwarna putih hingga membentuk sebuah segitiga sama sisi.
  2. Buka kembali kertas, akan terlihat garis bekas lipatan. Lalu buat lipatan masing-masing 1/3 bagian, dari bawah ke atas, dan dari atas ke bawah. Hingga akan bertemu di tengah-tengah. (lipatan bagian atas berada diatas lipatan bagian bawah).
  3. Jika sudah, buat lipatan-lipatan kecil pada bagian atas kertas (bagian warna ada di atas), membentuk seperti gelombang. Sisakan kurang lebih 1/3 bagian kertas sebelah kiri.
  4. Jika sudah, maka akan terbentuk tubuh ulat yang bergelombang, lalu lipat bagian atas kertas ke arah belakang tepat ½ bagian. Sehingga berbentuk sama besar.
  5. Ambil ujung kiri atas lipat ke arah dalam, lalu pencet kertas dari atas ke bawah untuk membuat tekstur atau bentuk ulat yang bergeombang.
  6. origami ulat sudah jadi, jangan lupa menambahkan hiasan mata tempelnya.
cara membuat ulat tahap 1
cara membuat ulat tahap 1
cara membuat ulat tahap 2
cara membuat ulat tahap 2
cara membuat ulat tahap 3
cara membuat ulat tahap 3
cara membuat ulat tahap 4
cara membuat ulat tahap 4
cara membuat ulat tahap 5
cara membuat ulat tahap 5
membuat origami ulat
membuat origami ulat

Sangat mudah bukan, membuat origami bentuk ulat ini. Segera ajak anak untuk mencoba berkreasi. Selamat meencoba!!