Finger painting

Finger painting

Bermain coret-coret sangat digemari anak-anak apalagi jika menggunakan jari-jari mereka. Beraneke kreasi coretan indah bisa dibuat dari lukisan dengan jari ini (finger painting). Dan untuk lebih amannya cat untuk finger painting ini bisa dibuat sendiri dirumah, tanpa harus menggunakan cat yang dijual ditoko-toko.

Caranya sebagai berikut : Ambil dua sendok makan tepung terigu, kemudian tambahkan sedikit air. Aduklah sampai anda mendapatkan adonan yang lembut seperti pasta. Tambahkan beberapa tetes pewarna kue. Taruh adonan ini diatas kertas yang sudah tergerai di atas meja. Lindungi pakaian sikecil dengan T-Shirt beka atau celemek sebelum melatih sikecil melukis dengan jari-jarinya.

Selanjutnya sikecil memainkan jari-jarinya di kertas yang berisi adonan itu. Gunakan kata “licin” dan “basah” ketika bercakap-cakap dengan si kecil. Anjurkan ia untuk memainkan jari-jarinya ke depan, kebelakang, memutar, kesamping kiri dan kanan. Atau membuat cap telapak tangannya di atas kertas, atau bisa juga membuat bunga dan tangkainya dari cetakan telapak tangan mereka dan lengan mereka. Atau Gunakan jari telunjuk untuk membuat bulatan-bulatan di seluruh kertas dan biarkan sikecil bermain bebas dengan tangannya.

Sebagai penutup di aktivitas ini buatlah sikecil bangga dengan hasil karyanya dengan memasang hasil karyanya dipintu kulkas dengan menggunakan selotip d sepanjang pinggiran lukisan itu atau magnet. Kalau lukisan itu sudah kering, biarkan sikecil merasakannya. Katakan pada si kecil kalau lukisan itu mengering karena air di adonan itu sudah menguap.

Untuk membuat adonan yang banyak, campurkan 3 sendok makan gula, 1/2 sendok teh garam, 1/2 cangkir tepung jagung,dan 2 cangkir air. Masak di api kecil sampai lembut dan mengental. Dinginkan, lalu tuangkan di beberapa wadah kecil. Warnai adonan ini dengan warna yang berbeda.

Sikecil mungkin akan senang mengulangi aktivitas ini dilain waktu. Jangn lupa untuk mengulangi aktivitas -aktivitas yang telah di perkenalkan di minggu-minggu yang lalu.

Aktivitas ini mengembangkan :

- Kebebasab bereksplorasi
- Kreativitas
- koordinasi motorik halus
- Pemahaman tentang “basah”, “kering”, dan “licin”
- Kemandirian dan keyakinan diri