Melatih Rasa Percaya Diri Anak di Depan Orang Banyak

percaya diri anakMempunyai anak sehat, ceria, cerdas dan berani tampil di depan umum adalah suatu kebanggaan bagi orang tua. Menumbuhkan percaya diri anak memang seharusnya dimulai sejak dini, jika bukan dari orang tua mau siapa lagi yang melatih mereka? Melatih keberanian dan rasa percaya diri anak dapat diawali dari lingkungan rumah sebelum akhirnya di lingkungan masyarakat ataupun sekolah. Orang tua melatih anak untuk berani dan percaya diri sejak dini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak kedepannya. Anak yang terlatih keberaniannya akan berkembang jadi anak yang mandiri.

Faktor yang menjadikan anak pemalu dan tidak percaya diri

  1. Faktor bawaan, jadi sejak bayi anak selalu menangis jika digendong orang yang belum dikenal.
  2. Pengaruh kondisi. Mungkin anak pernah mempunyai pengalaman buruk dan lingkungan yang kurang nyaman untuk anak berinteraksi dan bersosialisasi.
  3. Cara mendidik anak yang kurang tepat. Misalnya orang tua terlalu memanjakan anak sehingga anak tidak madiri dan selalu bergantung pada orang tua.
  4. Anak tidak pernah diberi kesempatan untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Anak akan bosan, menjadi pemalu dan tidak percaya diri jika lingkungan bermainnya hanya dengan keluarga dirumah.

Tips melatih anak agar percaya diri di depan umum

  1. pendidikan karakter anakHargai anak dan hindari dari penilaian buruk.
  2. Latih anak untuk berani bersuara dan berbicara didepan orang lain.
  3. Libatkan anak dalam kegiatan-kegiatan sosial, karena dengan demikian anak akan belajar berinteraksi dengan orang banyak tanpa rasa malu dan takut.
  4. Jangan sering menyalahkan anak karena dia akan merasa takut, beri anak kebebasan untuk belajar mengambil keputusan sendiri dan dukung dia.
  5. Latih dengan mengikuti perlombaan-perlombaan. Bila anak ingin tampil di depan umum usahakan untuk datang lebih awal sehingga anak mempunyai kesempatan untuk bersosialisasi dahulu dengan teman-teman barunya. Jika anak terlambat datang maka dia akan merasa gugup dan takut untuk tampil.

Tanpa adanya rasa percaya diri yang tinggi pada anak maka tumbuh kembang anak tidak akan optimal. Jadi, ayolah kita mendidik dan melatih rasa percaya diri anak di depan orang banyak sejak dini. Berikan kebebasan anak untuk melakukan hal yang dia suka selama itu baik dan tidak berbahaya. Buat buah hati Anda nyaman dan selalu senang bersama Anda. Jadilah sahabat terbaik bagi buah hati Anda.

Sumber gambar :
1. http://lamsat.org/Images/articles/articles726996019.jpg
2. http://www.reinventingschools.org/uploads/2010/02/iStock_000006456892Small.jpg

Komentar