Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Masalah Fisik Penyebab Susah Hamil

penyebab susah hamilMempunyai seorang anak merupakan dambaan bagi sepasang suami istri setelah menikah. Dan kehamilan adalah jalan utama untuk mendapatkan seorang anak yang merupakan karunia dari Allah SWT. Rasanya tidak lengkap jika tidak ada suara bayi dirumah, apalagi bagi seorang mertua. Namun untuk mendapatkan seorang anak bukanlah hal yang mudah. Ada yang baru saja menikah langsung dikaruniai anak, namun ada juga yang telah menikah bertahun-tahun namun belum hamil juga.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab susah hamil pada wanita, salah satunya adalah masalah fisik. Yang terpenting untuk menghadapi masalah tersebut adalah Anda jangan pernah menyerah dan tetaplah ikhtiar serta berdoa. Pasti akan ada jalan jika Anda mau terus berusaha. Berikut ini adalah masalah fisik penyebab susah hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Adanya kerusakan pada jaringan ovarium

Masalah kerusakan jaringan ovarium pada wanita merupakan salah satu penyebab susah hamil. Kerusakan pada jaringan ovarium tersebut umumnya dibebabkan oleh adanya kista atau adanya kesalahan ketika proses operasi pengangkatan kista sehingga ovarium ikut rusak. Nah, jika ovarium rusak maka proses ovulasi akan berjalan dengan tidak normal seperti halnya orang sehat.

2. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom PCOS ini adalah salah satu penyebab susah hamil atau ketidaksuburan pada seorang perempuan. Seorang wanita yang menderita sindrom ini maka produksi hormon androgen dalam tubuhnya berlebihan sehingga akan menimbulkan masalah ovulasi serta menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

3. Gangguan pada leher, mulut serta bentuk mulut rahim

Penyebab adanya gangguan pada mulut rahim yang menyebabkan seorang wanita susah hamil adalah sumbatan pada leher rahim, bentuk mulut rahim yang tidak normal sehingga bisa mengganggu penyampaian sperma ke rahim serta lendir pada mulut rahim yang tidak normal yang mengakibatkan sperma terhambat menuju ke rahim.

4. Menopause dini

Jika seorang wanita berhenti menstruasinya sebelum usia 40 tahun, maka seorang wanita tersebut telah terkena sindrom menopause dini. Sel telur wanita yang sudah menopause tentu saja sudah tidak diproduksi lagi, dan jika sel telur sudah tidak ada maka tidak akan ada pula prosess pembuahan. Jika proses pembuahan tidak ada maka seorang wanita tidak akan bisa hamil.

Semoga informasi diatas bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai penyebab susah hamil pada wanita dan periksakan kesehatan tubuh Anda ke dokter secara rutin untuk menghindari segala kemungkinan buruk pada diri Anda. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.girlscosmo.com/uploads/2013/06/Diet-Tips-For-Polycystic-Ovarian-Syndrome.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....