Kecantikan

Manfaat Vitamin E Untuk Kecantikan Kulit

Vitamin ESalah satu manfaat vitamin E yang paling populer adalah dapat mencegah penuaan dini. Vitamin E merupakan nama umum untuk dua kelas molekul yakni tocotrienol dan tocopherol. Dinamakan vitamin E karena baru ditemukan sesudah ada vitamin A, B, C dan vitamin D. Vitamin E tersusun dari kombinasi yang rumit dari delapan molekul yang disebut ‘tocopherol’. Beberapa sifat tocopherol dalam vitamin E antara lain adalah:

  1. Larut dalam pelarut lemak tetapi tidak larut dalam air, seperti halnya lemak, minyak, alkohol, eter, aseton dan lainnya.
  2. Hanya bisa dicerna menggunakan bantuan empedu hati.
  3. Stabil dalam pemanasan tetapi akan rusak bila pemanasan terlalu tinggi.
  4. Akan bersifat basa apabila tidak ada oksigen. Ketika terkena oksigen akan mengalami oksidasi secara perlahan-lahan.

Beberapa manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit antara lain:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meredakan stres, meminimalisir resiko terkena penyakit kanker dan jantung koroner serta meningkatkan kesuburan.
  2. Berperan sebagai anti oksidan alami yang mampu melindungi struktur sel paling penting, khususnya membran sel. Perlindungan ini bermanfaat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam struktur sel tersebut.
  3. Menjaga kesehatan kulit seperti menjaga kelembabannya, mencegah dari kerusakan karena radiasi ultraviolet, mempercepat proses penyembuhan akibat luka dan memperlambat penuaan.
  4. Melindungi sel darah merah agar tidak rusak ketika mengangkut oksigen untuk disebarkan ke seluruh jaringan tubuh.
  5. Melindungi vitamin A dari terjadinya kerusakan dan melindungi tubuh akibat kelebihan vitamin A Vitamin E sangat penting bagi tubuh kita, karena ketika kekurangan asupan vitamin E dalam tubuh maka dapat menyebabkan beberapa akibat diantaranya kesulitan dan kelemahan berjalan, nyeri pada bagian otot betis, gejala anemia, terjadi gangguan penglihatan, kelainan pada kulit serta pada bayi akan menyebabkan gangguan penyerapan lemak pada bayi prematur dan juga kekurangan gizi.

Namun kelebihan asupan vitamin E juga memberikan efek tidak enak pada tubuh. Beberapa gejala tidak enak pada tubuh tersebut antara lain adalah gangguan kinerja sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, pusing yang diikuti dengan gangguan penglihatan, sakit kepala dan selalu merasa lemah dan lelah. Oleh karena itu, asupan vitamin E agar bermanfaat juga harus dalam batasan ketat, yaitu tidak terlalu sedikit dan tidak juga berlebihan.

Walau sebenarnya sangat jarang terjadi kekurangan vitamin E karena asupannya tidak sulit didapatkan. Vitamin ini banyak terdapat pada makanan, khususnya pada minyak sayur. Tapi, terkadang kekurangan vitamin E dapat terjadi karena program diet yang buruk untuk jangka waktu yang lama.

Sumber asupan yang memberikan manfaat vitamin E antara lain buah-buahan seperti pisang dan strawbery, minyak seperti minyak biji gandum, minyak jagung, minyak kedelai, sayuran (sayuran kecambah seperti kacang-kacangan dan buncis), kemudian sayuran hijau seperti selada dan lainnya, serta makanan segar yang belum mengalami pengolahan. Anda juga bisa mendapatkan vitamin E dalam kemasan praktis seperti serum collagen dengan vitamin C dan E.

Sumber gambar: http://www.bellomagazine.com/files/bellomagazine/afrodisiacos-naturales-femeninos.jpg