Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat temulawakTemulawak adalah jenis tanaman obat yang terdapat di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Di daerah jawa temulawak ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu yang memiliki manfaat sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Temulawak bagi masyarakat Jawa sangat dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah membantu memelihara kesehatan fungsi hati.

Bagian dari tumbuhan temulawak yang sering digunakan sebagai bahan baku jamu sejak jaman nenek moyang adalah pada bagian rimpangnya. Seiring berkembangnya jaman seperti sekarang ini, temulawak tidak hanya digunakan sebagai bahan jamu tradisional tapi juga dapat diolah menjadi produk-produk yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu olahan baru dari bahan dasar temulawak adalah kapsul temulawak, tapi masih banyak lagi produk lain dari temulawak yang dapat kita temukan dengan mudah.

Manfaat Temulawak

  • Membantu memelihara kesehatan fungsi hati

Temulawak dapat membantu memelihara kesehatan fungsi hati karena temulawak mengandung kalagoganya. Kalagoganya berfungsi bagi produksi empedu didalam hati dan dapat merangsang pengosongan pada kandung empedu.

Rimpang temulawak mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat karminativum sehingga dapat bermanfaat meningkatkan dan memperbaiki nafsu makan.

  • Memperbaiki fungsi pencernaan

Temulawak dapat bermanfaat memperbaiki fungsi pencernaan dengan cara meningkatkan aktivitas cairan yang ada pada lambung sehingga membantu proses metabolisme dan mengurangi kontraksi pada usus halus.

  • Mengurangi radang pada sendiradang sendi

Pada temulawak terkandung kurkumin yang memiliki fungsi cukup bagus bagi tubuh yaitu sebagai anti radang dan dapat mengurangi nyeri yang terjadi pada radang sendi.

  • Menurunkan lemak darah

Ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoid yang terkandung pada temulawak berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol total dan dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol. Sehingga dapat menurunkan lemak yang ada dalam darah.

Temulawak mengandung kurkumin yang bermanfaat sebagai antioksidan karena kurkumin mampu menangkap radikal bebas pada oksigen seperti anion superoksid dan juga radikal hidroksil sehingga mampu membantu memelihara kesehatan tubuh.

Pembahasan diatas adalah beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh. Jika Anda tidak suka minum temulawak dengan bentuk olahan jamu, ada produk lain yaitu kapsul temulawak. Dianjurkan untuk diminum 3 x sehari 1 kapsul untuk membantu  memelihara kesehatan fungsi hati Anda. Belajarlah untuk hidup sehat mulai dari sekarang.

PENTING UNTUK ANDA

sumber gamnbar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-rW4iflBg4qw/TX22Cb5-OvI/AAAAAAAAAIM/Ku0Y-qT5shE/s400/%25E0%25B8%25A7%25E0%25B9%2588%25E0%25B8%25B2%25E0%25B8%2599%25E0%25B8%2599%25E0%25B8%25B2%25E0%25B8%2587%25E0%25B8%2584%25E0%25B8%25B32.jpg
2. http://www.thecambodiaherald.com/images/upload/health/NDE1YjlhYTU1NjkwZTE4NzU0MmVlMTg4NWQ5NDM3/760_450/-joint_pain.jpg

Obat Herbal Ekstrak Temulawak

Obat Herbal Ekstrak Temulawak

Kapsul Ekstrak Temulawak adalah obat herbal yang mudah diperoleh di Indonesia ini mempunyai fungsi sebagai ....
Rp 45.000 Beli

Komentar