manfaat susu untuk kecantikan

Susu tidak hanya lezat diminum dan menyehatkan tubuh susu juga bermanfaat lho buat kecantikan kulit. Susu mengandung vitamin A dan D yang membuat kulit menjadi lembut.

Susu juga mengandung asam beta hydroxy yang membuat terkelupasnya sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Kandungan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam susu juga memiliki efek kosmetik bagi Anda, yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan sel kulit Anda, yang akhirnya membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan kenyal.

Kandungan protein, kalsium, dan zat besi dalam susu yang kita konsumsi setiap hari juga akan memperlambat proses penuaan, sekaligus membuat kulit menjadi lebih putih. Itulah sebabnya, selama ratusan bahkan ribuan tahun, susu telah dikenal sebagai rahasia kecantikan wanita, karena manfaatnya untuk membuat kulit menjadi lebih halus, bebas keriput, dan lebih cerah.

Susu juga mengandung sebuah zat yang disebut asam laktat, yang memiliki peran untuk melembabkan kulit secara alami, juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh Anda dan merangsang peremajaan kulit atau tumbuhnya sel-sel kulit baru yang sehat, sehingga hasilnya adalah Anda dapatkan kulit yang cantik dan sehat.

Ratu Mesir, Cleopatra yang kecantikannya sangat tersohor itu punya salah satu resep rahasia untuk menjaga kehalusan kulitnya, yaitu susu. Resep ini kabarnya masih tersimpan dalam tulisan hieroglyph, tulisan bangsa Mesir Kuno. Sedangkan di dunia kecantikan modern manfaat susu sudah dikenal luas untuk menjaga kecantikan dan kehalusan kulit.

Beberapa manfaat susu untuk kecantikan antara lain :

1. Pembersih Wajah

Nutrisikan kulit wajah Anda dengan vitamin D, dalam hal ini susu sebagai pembersih wajah. Susu tidak hanya membantu singkirkan sel kulit mati, tapi juga melembutkan kulit. Jika kulit Anda berminyak, usap lembut wajah Anda menggunakan handuk yang telah dibasahi susu skim (susu skim mengandung sedikit lemak sehingga tidak membuat kulit semakin berminyak).

Sementara untuk pemilik kulit kering, gunakan susu full cream atau susu sapi segar. Diamkan selama beberapa menit agar nutrisi dari susu terserap di wajah, lalu bilas hingga bersih dengan air.

2. Menenangkan Kulit Terbakar akibat Sinar Matahari

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari, bisa membuat kulit kering dan terkelupas, atau biasa disebut dengan sunburn. Redakan efek ini dengan menempelkan handuk yang telah direndam dengan susu dingin ke bagian yang terbakar.

Tempelkan dan sedikit ditekan selama beberapa menit. Menurut Dr. Amy Pappert dari Robert Wood Johnson Medical School, kandungan protein dalam susu akan membentuk lapisan pelindung yang menjaga kelembaban kulit.

3. Merawat Kulit Kering

Bila Anda memiliki kulit yang sangat kering, lembabkan dengan susu bubuk. Isi bak mandi atau bath tub dengan air hangat, lalu masukkan setengah cangkir susu bubuk. Berendamlah selama 30 menit, dan Anda akan mendapatkan kulit lebih halus setelahnya. Jangan langsung dibilas, diamkan selama beberapa menit sampai tubuh agak mengering, baru bersihkan dengan air.

4. Masker Wajah

Anda bisa menjadikan susu sebagai masker wajah. Caranya, campurkan 1/4 sendok teh minyak almond dengan 1 sendok makan susu. Terapkan campuran tadi pada wajah sambil dipijat-pijat, lalu diamkan selama beberapa menit sampai masker mengering.

Lalu oleskan lagi masker sampai tiga lapisan (tunggu hingga lapisan sebelumnya mengering). Berbaringlah dan biarkan sekitar 30 menit. Kemudian bersihkan menggunakan handuk basah.

5. Mengurangi Kantung dan Lingkaran Gelap Bawah Mata

Kantung dan lingkaran gelap bawah mata membuat tampilan wajah Anda kusam dan kurang menarik? Segera redakan dengan kompresan susu. Celupkan kapas ke dalam susu cair dingin, peras sedikit lalu tempelkan pada kedua mata yang terpejam. Tunggu selama 20 menit, lalu bersihkan menggunakan handuk hangat.

6. Mengecilkan Pori

Jika Anda punya masalah dengan pori yang besar , terbuka , dan ingin kulit bersinar , ternyata kuncinya adalah sour cream ( susu asam ) . Produk susu ini sangat ampuh menangkal keluhan pori besar.

Caranya : ambil sour cream secukupnya , basuhkan ke wajah dan leher . Tunggu selama 15 menit dan cuci bersih . Rasakan bedanya .

Nah, jika Anda ingin memiliki kulit yang halus, lembut, dan lebih cerah, mulailah untuk minum susu setiap hari. Selain membuat kulit Anda semakin cantik dan sehat, minum susu secara rutin setiap hari juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk membiasakan diri minum susu setiap hari!

http://4.bp.blogspot.com/-1siB0VgyGUo/TytYMMR1ZkI/AAAAAAAAAOU/0pVP2m6ticI/s1600/milk.jpg