Manfaat Sarang Semut Untuk Menyembuhkan Penyakit

sarang semutUmbi sarang semut papua adalah sejenis tumbuhan yang tumbuhnya menempel pada tumbuhan lain yang bentuknya tak beraturan (seperti palm botol) dimana didalamnya terdapat rongga-rongga tempat berlalu lalangnya semut.

Tumbuhan endemik ini banyak dijumpai di pedalaman Papua dengan jenis semut hutan yang berbeda dengan semut pada umumnya yang biasa dikenal dengan sarang semut papua dan telah terbukti mengandung senyawa aktif anti kanker, dimana  dalam sarang semut tersebut terkandung dari air liur semut yang mengandung zat antibodi untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang sering di alami oleh manusia.

Khasiat sarang semut Papua ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa suku di pedalaman bagian barat Wamena Papua sebagai obat untuk mengatasi gangguan rematik dan asam urat. Sarang semut biasanya digunakan sebagai campuran bubur dan juga sebagai minuman. Antioksidan yang ada pada sarang semut dapat melindungi sel-sel tubuh agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik. Jika sel-sel di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik, maka penyakit yang mengganggu fungsi sel seperti kanker dapat diantisipasi atau dicegah.

Khasiat sarang semut Papua ini telah dibuktikan dengan banyak penelitian medis terhadap sarang semut, berbagai literatur menjelaskan bahwa manfaat medis sarang semut memang sangat berkhasiat dan dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping. Manfaat sarang semut untuk menyembuhkan penyakit, seperti:

  • Berbagai jenis kanker dan tumor
  • Jantung koroner dan berbagai gangguan jantung
  • Stroke berat dan ringan
  • Membantu mengobati lupus
  • Menghilangkan benjolan-benjolan pada bagian tubuh
  • Gangguan ginjal dan prostat
  • Tuberkololis dan masalah paru-paru
  • Ambeien (wasir) baru maupun lama
  • Sakit kepala sebelah (migrain)
  • Rematik (sakit pada persendian)
  • Pegal linu, nyeri otot, dan melancarkan peredaran darah
  • Meningkatkan gairah seksual, vitalitas, memperbaiki dan meningkatkan stamina tubuh

Sarang semut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena mengandung berbagai macam kandungan senyawa aktif. Senyawa aktif yang terkandung dalam sarang semut itu adalah flavonoid, tanin, dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain senyawa aktif di atas, di dalam sarang semut juga ditemukan kandungan bermanfaat lainnya seperti:

Tokoferol

Penelitian menunjukkan bahwa alfa-tokoferol pada konsentrasi 12 ppm saja sudah mampu meredam radikal bebas hingga 96% sedangkan sarang semut kaya akan antioksidan tokoferol, sampai sekitar 313 ppm.

Flavonoid

Dalam tubuh manusia, flavonoid berfungsi melindungi struktur sel, meningkatkan efektivitas vitamin C, anti inflamasi, mencegah tulang keropos, dan sebagai anti biotik. Penelitian-penelitian mutakhir telah mengungkap bahwa flavonoid berguna untuk mencegah dan mengobati kanker.

Tanin

Tanin merupakan astrigen yang mengikat dan mengendapkan protein berlebih dalam tubuh. Dalam bidang pengobatan, tanin digunakan untuk mengobati diare, hemostatik (menghentikan perdarahan), dan wasir. Karena itu kemampuan sarang semut untuk pengobatan ambeien (wasir) dan mimisan diduga kuat berkaitan dengan kandungan zat ini.

Polifenol

Polifenol banyak ditemukan dalam buah, sayuran serta biji-bijian. Rata-rata manusia bisa mengkonsumsi polifenol dalam seharinya sampai 23 mg. Khasiat dari polifenol adalah anti mikroba dan menurunkan kadar gula darah.

Magnesium

Mineral ini memiliki peran dalam fungsi tulang, hati, otot, transfer air intraseluler, keseimbangan basa, dan aktivitas neuromuseluler. Mineral-mineral tersebut berfungsi untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit/gangguan jantung, melancarkan peredaran darah, mengobati migrain, gangguan fungsi ginjal dan prostat, memulihkan kesegaran dan stamina tubuh, serta memulihkan gairah seksual.

Kalsium

Kalsium berfungsi dalam kerja jantung, impuls saraf, dan pembekuan darah.

Besi

Besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, transpor oksigen, dan aktivator enzim.

Fosfor

Fosfor berfungsi dalam penyerapan kalsium dan produksi energi.

Natrium

Natrium memilki peranan dalam keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, impuls saraf, dan kesimbangan asam-basa.

Seng

Mineral seng memiliki fungsi dalam sintesis protein fungsi seksual, penyimpanan insulin, metabolisme karbohidrat, dan penyembuhan luka.Namun, memang harus diakui bahwa tidak semua mekanisme kerja kandungan senyawa aktif Sarang semut dalam mengobati berbagai penyakit dapat diketahui dengan pasti, karena untuk itu masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dan berkesinambungan secara ilmiah.

Anda bisa mendapatkan manfaat sarang semut dalam kemasan praktis seperti kapsul sarang semut papua, papua sarang semut, dan teh celup sarang semut.

Sumber gambar: http://caraminumsarangsemut.com/uploads/2011/12/pohon-sarang-semut.jpg

Komentar