manfaat peelingBanyak wanita mendambakan memiliki wajah yang bersih dan sehat bebas flek, kusam dan bekas jerawat. Namun pengaruh usia dan sinar matahari yang kerap menerpa kulit wajah kita secara langsung dapat menimbulkan kulit kusam, flek, dan terdapat kulit mati yang tidak dapat diangkat hanya dengan membersihkan wajah dengan sabun/pembersih wajah.

Setelah menyibukkan diri dengan pekerjaan sehari-hari, tak ada salahnya Anda memanjakan tubuh untuk perawatan, misalnya dengan peeling. Tanpa disadari lingkungan luar rumah, seperti terik matahari, asap kendaraan, dan debu jalanan yang menempel pada kulit bisa menimbulkan masalah. Tidak hanya jerawat yang muncul karenanya, tetapi juga membuat kulit menjadi kasar dan kusam. Peeling merupakan perawatan dengan proses pengangkatan atau pengelupasan bagian kulit terluar atau epidermis (stratum korneum) sehingga lapisan kulit yang paling baru dan lebih sehat akan tumbuh (peremajaan).

Proses peeling memiliki dua metode pengerjaan, yang setiap metodenya memiliki tingkat pengelupasan yang berbeda-beda.

Pertama, chemical peeling, merupakan metode pengelupasan kulit dengan menggunakan cairan sebagai bahan dasar untuk mempercepat proses pengelupasan.

Proses perawatan dengan chemical peeling memiliki tingkatan sesuai masalah kulit yang diderita, dan setiap tingkatan menggunakan cairan kimia yang berbeda pula, seperti super facial peeling dengan menggunakan AHA atau alphahydroxyacids yang mampu menghilangkan masalah kulit kusam, kasar dan kering.

Medium peeling sebagai tingkat kedua mampu menghilangkan masalah kulit seperti bekas jerawat dan kerutan dengan menggunakan trichloracetic acids (TCA). Dan untuk masalah kulit berat seperti flek hitam dan keriput dianjurkan untuk memilih perawatan deep peeling dengan bahan dasar carbolic acid (phenol).

Kedua, mechanical peeling yaitu pengelupasan kulit dengan menggunakan alat. Biasanya ditemukan pada metode mikrodermabrasi, alat yang terbuat dari aluminium kristal oksidasi. Proses mechanical peeling bisa disebut proses peeling yang terbilang cepat karena saat pengerjaan kulit sudah langsung terlihat kemerahan dan cepat merangsang timbulnya kulit baru.

Setelah proses peeling wajah mengalami pengelupasan yang sangat serius. Sebaiknya kulit dirawat secara intensif saat pembentukan sel kulit baru, seperti banyak menggunakan sunblock dan sunscreen dengan kadar spf 30% sebelum bepergian atau melakukan kegiatan diluar ruangan dengan repetisi penggunaan 3-4 jam per hari, menggunakan tata rias baik foundation atau bedak dan melakukan kegiatan yang menimbulkan keringat yang berlebih.

Manfaat pemakaian peeling :

• Memutihkan kulit wajah

• Mengangkat kulit mati

• Menghilangkan pigmentasi

• Menipiskan hiperpigmentasi atau flek hitam

• Meremajakan kulit dari dalam

• Mengurangi kerut dan mengencangkan kulit wajah

• Merangsang pembentukan kolagen

• Memberikan kesegaran dan menipiskan kerutan-kerutan halus

Adapun proses pemakaian peeling:

1. Wajah dibersihkan dengan pembersih. Setelah bersih, krim peeling dioleskan hingga melekat di wajah. Biasanya kulit akan terasa kencang, agak perih dan sedikit agak gatal untuk orang yang kulitnya cenderung sensitif selama krim peeling ini masih melekat pada wajah.

2. Krim dibiarkan sekira 1 jam hingga 2 jam. Setelah itu, krim dibersihkan dari wajah. Hindari mengoleskan krim peeling secara berlebihan karena bisa membuat kulit menjadi kemerahan dan teriritasi. Setelah pemakaian kulit akan terasa mengencang, lalu beberapa hari kemudian kulit akan mengering.

3. Kulit harus dilindungi dengan krim tabir surya serta menghindari kulit dari cahaya matahari langsung selama beberapa waktu. Hal ini bertujuan untuk mencegah kulit yang masih tipis agar tidak terbakar oleh sinar matahari.

Sumber gambar : http://rssbursakosmetik.com/wp-content/uploads/2012/04/IMG-20120309-01480.jpg