Manfaat Origami Bagi Anak

manfaat-origami-bagi-anak

Siapa yang tidak mengenal permainan seni melipat kertas atau sering disebut dengan origami. Seni melipat kertas yang berasal dari jepang ini sangat disukai oleh anak – anak. Karena bentuk yang dihasilkan dari origami cenderung sangat di sukai oleh anak – anak, misalnya saja berbentuk hewan, dan benda – benda lainnya. Tahukah anda para orang tua bahwa sebenarnya origami tidak hanya sebagai permainan untuk anak – anak, namun memiliki banyak manfaat origami lainnya, yaitu :

1. Anak belajar mengikuti arahan

Ketika anak mengikuti langkah demi langkah dalam melipat kertas yang baik maka sebenarnya anak telah belajar bagaimana mengikuti petunjuk dan arahan yang di berikan baik dari orang tua, guru maupun dari contoh foto dari origami.

2. Anak belajar berkreativitas

Begitu banyak model dan bentuk yang bisa dihasilkan dari origami, oleh sebab itu origami juga disebut sebagai dunia kreativitas. Maka dari itu anak akan memilih model apa yang disukai, dengan begitu anak akan mengikuti langkah yang ada pada gambar tersebut dan sehingga membuat anak menjadi lebih mahir jika ia sering melipat banyak model dan bentuk. Sehingga suatu saat akan membuat sang anak menjadi lebih terinspirasi untuk menciptakan sebuah model baru.

3. Membantu meningkatkan kemampuan motorik halus

Origami dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus dan juga koordinasi antara mata dan tangan. Karena kedua tangan dan seluruh otak digunakan dalam membuat origami. Peneliti juga menemukan bahwa bagian otak yang mengendalikan kemampuan berbahasa juga terstimulasi.

4. Anak belajar berimajinasi

Model dan bentuk yang di hasilkan dari origami biasanya merupakan miniatur dari makhluk hidup dan benda – benda dari kebutuhan hidup. Hasil dari semua model tersebut adalah hasil dari imajinasi para pembuatnya. Ada beberapa model yang sangat natural dan juga ada yang sangat jelas. Sehingga jika anak mencoba untuk berkreasi dengan membentuk sesuatu yang baru akan membuat sang anak berimajinasi guna mewujudkan model yang di inginkan tersebut.

 

5. Anak akan mengenal istilah – istilah matematika geometri

Dengan melipat kertas origami yang mengikuti alur garis, titik, perpotongan dua buah garis, titik pusat dan segitiga yang kesemua nya adalah istilah matematika geometri. Sehingga ketika melakukan seni melipat kertas istilah matematika geometri tersebut akan sering di dengar dan di praktik kan oleh sang anak.

6. Anak belajar menemukan solusi dari permasalahannya

Dalam pembuatan origami anak akan mengikuti beberapa tahapan yang memiliki kerumitan dalam pola melipat kertas yang beraneka ragam. Oleh sebab itu jika sang anak mengikuti tahapan – tahapan tersebut guna menyelesaikan persoalan origami, maka dengan begitu logika anak akan berjalan. Bagaimana sang anak mengikuti gambar dari tahap demi tahap guna membuat sebuah origami. Dengan begitu jika sang anak mencoba membuat sebuah karya sendiri maka ia akan berusaha mencari solusi untuk menghasilkan model yang ia harapkan.

7. Anak belajar menghargai

Bicara mengenai soal karya dan seni tentu hal tersebut tidak akan lepas dari kata apresiasi dan penghargaan. Belajar membuat origami juga merupakan belajar mengapresiasi sebuah cabang karya seni dari seni visual. Jika anak belajar membuat origami sejak dini maka ia juga belajar bagaimana membuat dan mengapresiasi karya seni sehingga membuat kehalusan jiwa sang anak.

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Rp 235.000 Beli
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Rp 110.000 Beli
Mainan Anak Edukatif Rambu Lalu Lintas

Mainan Anak Edukatif Rambu Lalu Lintas

Rambu-rambu lalu lintas, permainan rambu lalu lintas edukatif dapat mengenalkan anak rambu lalu lintas di ....
Rp 200.000 Beli
Mainan Anak Edukatif – Maze Frog

Mainan Anak Edukatif – Maze Frog

Saat anak belajar menulis kadang kita kesulitan untuk membimbing anak agar bisa menulis dengan baik ....
Rp 95.000 Beli

Komentar