Kecantikan, Kesehatan

Manfaat Mulberry Untuk Kecantikan Kulit

manfaat mulberryMulberry merupakan tanaman dengan daun penghasil klorofil yang awalnya dikenal sebagai makanan istimewa ulat sutra. Jika tidak makan daun ini, ulat sutra tidak menghasilkan sutra yang baik. Oleh karena itu, banyak petani yang membudidayakan tanaman ini untuk membudidayakan ulat sutra. Mulberry adalah jenis tanaman yang tumbuh dengan sinar matahari sehingga tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian lebih dari 100m dari permukaan laut.

Mulberry memiliki sebutan nama yang berbeda di tiap negara seperti di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan Murbei atau arbei, di inggris disebut Mulberry dan di Cina dikenal dengan nama Sangye.

Menurut ahli kimia, daun murbei mengandung beberapa ekstrak kimia untuk tubuh seperti ecdysterone, inokosterone, lupeol, betasitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa, betahexenal, cis beta hexenol, cis lamda hexenol, benzaidehide, eugenol, lanaloolbenzyl alcohol, butylamine, acetone, trigonelline, cholin, adenine, copper, zinc, vitamin (a, b1, c dan karoten) dan asam amino, clorogenik, fumarat, folat, dan asam formyltetrahydrofolik, mioinositol dan phytoestrogren.

Mulberry kaya akan vitamin A, potasium, magnesium, fosfor, kalsium, protein, karbohidrat, dan serat, sehingga buah ini cocok dimasukan dalam menu diet Anda karena buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat mulberry relatif rendah kalori.

Selain rasanya enak ternyata buah ini memiliki banyak manfaat terutama untuk kecantikan kulit. Manfaat mulberry untuk kecantikan kulit antara lain:

  1. Mulberry Mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit
  2. Membersihkan polusi pada tubuh
  3. Membuat kulit tampak lebih cerah
  4. Mulberry mengandung anthocyanin, jenis antioksidan yang lebih kuat daripada antioksidan dalam buah lainnya. Antioksidan ini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  5. Antioksidan dalam mulberry dapat menghapus bintik-bintik gelap di wajah.

Manfaat mulberry bagi kulit bisa diperoleh dengan mengkonsumsi langsung buah tersebut atau dijadikan jus dan teh mulberry. Untuk menutrisi kulit Anda dari luar, Anda bisa mengoleskan krim atau lotion dengan kandungan mulberry pada seluruh bagian tubuh terutama pada bagian kulit yang lebih kering.

Seiring dengan berjalannya waktu dan penelitian mengenai tanaman ini, maka dapat diketahui beberapa manfaat daun mulberry pada tubuh manusia, diantaranya:

  1. Mengobati dan mencegah penyakit kencing manis (diabetes)
  2. Mengobati masalah kolesterol dalam darah
  3. Mengobati hipertensi/tekanan darah tinggi
  4. Mengobati sakit asma
  5. Meningkatkan produksi ASI
  6. Mengurangkan resiko osteoporosis atau tulang rapuh
  7. Meredakan batuk, perasaan cemas dan gelisah
  8. Mengurangi rasa sakit saat haid
  9. Memperlancar haid yang tidak teratur
  10. Menambah energi
  11. Membantu mengatasi migrain dan susah tidur malam (insomnia)

Saat ini, Anda tidak perlu susah payah mendapatkan daun mulberry dan mengolahnya sebagai obat. Karena kini daun murberry telah tersedia dalam bentuk powder yang memudahkan Anda dalam mengkonsumsi daun ini seperti classic mulberry powder.

Sumber gambar : http://ghiboo.com/assets/modules/article/images/big/mulberry-4e898e1cae08a.jpg