Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Manfaat Melakukan Senam Hamil

senam hamilHamil memang menjadi masa dimana sang Ibu harus ekstra hati-hati dalam menjaga calon buah hatinya, namun bukan berarti Anda tidak boleh melakukan aktivitas fisik sama sekali. Umumnya dokter akan menyarankan melakukan aktivitas fisik ringan, tergantung dengan kondisi kehamilan masing-masing orang. Salah satu bentuk aktivitas fisik ringan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah senam hamil. Di mana dapat mengikuti kelas senam hamil? Kelas senam hamil biasanya dilakukan di rumah sakit umum, rumah sakit bersalin, klinik kesehatan atau di puskesmas. Apa saja manfaat dari senam hamil? Berikut ini kami informasikan manfaat melakukan senam hamil antara lain:

1. Mengurangi rasa lesu saat hamil

Banyak ibu hamil yang merasa lesu saat hamil terutama pada trimester pertama dan menjelang akhir trimester ketiga kehamilan. Senam hamil dapat membantu meningkatkan energi. Latihan ringan dalam senam hamil bisa memperkuat kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) sehingga tubuh tidak cepat lelah untuk melakukan aktivitas.

2. Mengurangi rasa tidak nyaman

Latihan peregangan dalam senam hamil membantu tubuh mengurangi pusing dan nyeri karena kehamilan, selain itu juga dapat mengurangi nyeri punggung, meningkatkan peredaran darah, dan memperkuat otot perut.

3. Mengurangi stres kehamilan

Latihan dalam senam hamil dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang mempengaruhi mood ibu hamil, sehingga senam hamil akan membantu mengurangi stres dan kecemasan.

4. Mengurangi resiko konstipasi (sembelit)

Keluhan konstipasi kerap kali dialami oleh ibu hamil, jadi untuk mencegah hal itu, Anda bisa melakukan senam hamil. Dengan melakukan senam, tentu tubuh kita akan bergerak aktif, dimana dengan tubuh yang aktif akan membantu kerja usus sehingga mengurangi resiko konstipasi (sembelit) saat hamil.

5. Mengurangi resiko kenaikan berat badan berlebih

Meskipun wanita hamil harus memiliki kenaikan berat badan, tetapi kenaikan berat badan ini tetap harus dikontrol dalam batas yang sehat. Kenaikan berat badan tiap ibu hamil juga berbeda, tergantung berat badan sebelum hamil. Latihan ringan dalam senam hamil dapat mengurangi kemungkinan kenaikan berat badan secara berlebihan.

6. Meningkatkan kebugaran

Manfaat senam memang bisa menyehatkan dan menyegarkan badan. Itupun tidak terkecuali untuk senam hamil. Senam hamil juga dapat mempertahankan kebugaran fisik dan mental terutama bagi wanita hamil yang bekerja.

7. Membantu tidur

Masalah tidur seringkali dialami wanita hamil karena kesulitan mendapatkan posisi tidur yang ideal. Senam hamil dapat mengurangi kelebihan energi sehingga membantu tidur lebih nyenyak.

8. Mengurangi resiko diabetes kehamilan (Gestational Diabetes)

Diabetes kehamilan dapat dialami pada wanita yang sedang hamil. Melakukan gerakan olahraga sederhana sekalipun dapat mengurangi resiko diabetes kehamilan.

9. Mempersiapkan persalinanjelang persalinan

Salah satu manfaat latihan senam kehamilan adalah mempersiapkan persalinan. Senam kehamilan dapat meningkatkan  stamina, mental, dan memperkuat bagian otot tertentu yang mendukung proses persalinan.

10. Mempercepat pemulihan pasca persalinan (Postpartum Recovery)

Menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan akan mempercepat pemulihan pasca melahirkan.

Selain beberapa manfaat seperti di atas, tentunya yang paling penting adalah meningkatkan pengetahuan Anda.  Jika Anda mengikuti kelas senam hamil, instruktur akan memberikan penjelasan mengenai manfaat masing-masing latihan bagi kesehatan kehamilan. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai bentuk latihan yang cocok untuk Anda tergantung kondisi kehamilan dan kondisi kesehatan Anda.

sumber gambar:
1. http://tipsibuhamil.com/uploads/2013/06/Segala-Tentang-Senam-Hamil.jpg
2. http://pvtistes.net/uploads/2012/07/WHV_PVT_Australie_Cong%C3%A9_Maternit%C3%A9-800×533.jpg