Manfaat Kunyit Untuk Perawatan Kesehatan

manfaat kunyitSalah satu jenis rempah yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif perawatan kesehatan adalah kunyit. Kunyit atau yang sering kita kenal dengan kunir merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif perawatan kesehatan. Tanaman obat yang satu ini tentu tidak asing lagi ditelinga Anda, peranannya sebagai salah satu bumbu rempah memang tidak diragukan lagi, aroma dan warna yang dihasilkan, menjadikan rimpang dari tanaman ini banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas rasa dari masakan serta sebagai pewarna kuning pada makanan. Selain dalam dunia kuliner, ternyata kunyit juga dapat berperan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut kami informasikan beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan.

1. Mengobati sakit maag

Kunyit dapat menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir. Untuk mencegah datangnya penyakit maag, Anda cukup memeras parutan 2 jari kunyit dan dicampurkan dengan ½ gelas air hangat lalu kemdian dicampur dengan 2 sendok makan madu dana diminum sebanyak 2 kali sehari. Sedangkan untuk pengobatan, Anda dapat meramunya dengan mengiris 5 jari kunyit (ukuran irisan kurang lebih 1mm) lalu tambahkan 2 potong kayu manis sepanjang 5 cm, lalu rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air pada bejana yang tidak terbuat dari alumunium dan tunggu hingga menjadi 1 gelas kemudian minum hingga habis.

2. Menyembuhkan penyakit ginjal

Kunyit dapat dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit khususnya pada penyimpangan kerja ginjal kita. Penggunaan kunyit untuk mengobati ginjal sangat mudah dan sangat efektif, yaitu dengan meminum segelas jus kunyit yang sudah kita saring tentunya dan dibuang ampasnya secara berturut-turut selama 2 minggu.

3. Menyembuhkan flu atau demam

Ramuan kunyit yang telah kita olah sangat efektif untuk menyembuhkan flu dan demam khususnya pada ibu-ibu yang sedang hamil. Untuk membuat ramuan untuk menyembuhkan flu tidaklah sulit. Buatlah jus kunyit kemudian dimasak. Setelah mendidih saring dan peras dan tambahkan satu sendok garam dan madu secukupnya.

4. Menyembuhkan gatal (cacar air)

Kandungan kurkumin dan minyak atsiri pada kunyit bisa kita gunakan untuk menyembuhkan gatal pada tubuh kita. Resepnya sangatlah mudah, ambil beberapa potong kunyit dan juga segenggam daun asam yang telah dicuci bersih. Haluskan dengan diblender lalu oleskan pada bagian tubuh yang gatal.

khasiat kunyit5. Menyembuhkan diare

Selain pupus daun jambu yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan diare, kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan diare. Resepnya cukup mudah, yaitu ambil beberapa kunyit lalu kita iris tipis-tipis. Rebus dengan air sekucupnya dan tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih dan perasan jeruk nipis. Setelah kita rebus saring airnya dan peras lalu kita minum 1 gelas perasan air kunyit selama 2-3 hari.

6. Menyembuhkan Keputihan

Keputihan yaitu permasalahan yang sering dialami oleh banyak wanita. Resep kunyit untuk mengatasi keputihan wanita dengan cara: Parut kupasan kunyit sebanyak 3-4 buah lalu campurkan parutan dengan air dan tambahkan air asam dan madu atau gula jawa. Aduk hingga rata lalu peras agar mendapatkan air kunyit yang bersih dan siap untuk diminum. Lakukan ini setiap hari sampai sembuh.

Sumber gambar :
1. http://1.bp.blogspot.com/-4J8zFwfks5Y/T7Wxrsf5YJI/AAAAAAAAATY/axbER0ieR5w/s1600/tanaman-.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/-p4oG1QPikwM/Ty1HjrwCR6I/AAAAAAAAAg8/HhQ9___LZ38/s320/kunyit-asem.jpg

Komentar