Manfaat Herbal Pegagan Untuk Tubuh

daun pegaganTanaman pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan sebagai obat penyembuhan berbagai macam penyakit, seperti gangguan kulit, saraf, dan memperbaiki peredaran darah. Banyak penelitian yang membuktikan pegagan sebagai tanaman obat yang multikhasiat.

Salah satu khasiat yang paling banyak diteliti adalah yang menyangkut kecerdasan. Berdasarkan sebuah penelitian membuktikan bahwa pegagan berguna bagi anak yang mengalami keterbelakangan mental. ADHD adalah kelainan otak yang umum terjadi pada anak-anak, yang dicirikan dengan ketidakmampuan melakukan tugas sederhana, hiperaktif, dan implusif. Selain mengatasi penyakit ADHD, pegagan juga bisa membuat anak yang berperilaku pasif, pemalu, dan gelisah, berubah menjadi periang, komunikatif dan kooperatif. Itulah khasiat dari zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain itu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.

Pegagan memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan anti lepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh pegagan menyebabkan pegagan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat herbal pegagan untuk tubuh antara lain:

  1. Meningkatkan IQ, dan meningkatkan kemampuan syaraf memori/daya ingat
  2. Meningkatkan konsentrasi
  3. Membangkitkan fungsi sistem saraf pada otak manusia
  4. Menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihanSabun Wahida Pegagan
  5. Sebagai anti lepra
  6. Penurun panas
  7. Memperbaiki sel-sel kulit mati
  8. Merangsang pertumbuhan kuku dan rambut
  9. Menghilangkan rasa nyeri pada persendian
  10. Mengobati wasir
  11. Melancarkan peredaran darah
  12. Membantu penyembuhan penyakit TBC
  13. Membersihkan darah
  14. Peluruh kencing
  15. Menghentikan pendarahan
  16. Anti bakteri, anti kejang, anti inflamasi, anti alergi, dan masih banyak lagi

Pegagan pantas disebut sebagai tanaman herbal multi khasiat. Namun, meskipun khasiatnya banyak, konsumsi berlebihan juga membahayakan, karena bisa menyebabkan sakit kepala, vertigo, bahkan koma.

Saat ini, pegagan sudah menjadi bahan utama dalam pembuatan produk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa memperoleh manfaat dari pegagan dalam berbagai bentuk produk yang siap pakai seperti teh celup pegagan tazakka, kapsul ekstrak pegagan, sabun herbal special wahida pegagan, masker dan lulur pegagan, dan olivea shampo herba zaitun plus pegagan.

sumber gambar:
1. http://healthzone.mediktv.com/uploads/2012/11/2722063532_3a4314fd45_b.jpeg
2. //pondokibu.com/uploads/2013/08/Sabun-Wahida-Pegagan2.jpg

2 Komentar

  1. Pegagan pantas disebut sebagai tanaman herbal multi khasiat, saya sudah membuktikan dan berhasil menyembuhkan penyakit kulit (korengan)

Komentar