Kesehatan

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan

manfaat ginsengGinseng (panax) sering disebut sebagai “ramuan ajaib” karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang begitu banyak. Ginseng adalah herbal yang memiliki banyak khasiat dan telah digunakan dalam pengobatan Cina sejak ribuan tahun lalu. Tidak hanya di timur, ginseng juga telah secara luas diadopsi di banyak negara barat karena manfaat kesehatannya yang beragam. Ada berbagai jenis ginseng diantaranya ginseng India, ginseng Siberia, ginseng Asia, ginseng Brasil, dan ginseng Amerika. Sedangkan Korea adalah salah satu penghasil dan pengguna ginseng terbesar.

Di Indonesia sendiri, ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif seperti, saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral.

Berikut ini adalah beberapa manfaat ginseng untuk kesehatan:

1. Mengurangi stres mental

Ginseng bermanfaat sebagai ramuan anti depresan dan anti kecemasan. Ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenalin akan mengalir keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin.

2. Merangsang sistem kekebalan dan saraf

Ginseng mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah pakar obat herbal mengatakan ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik pada ginseng membantu merangsang orang tetap muda. Sedangkan pada orang tua, dapat memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh, selain itu ginseng juga dapat membantu melawan flu dan penyakit infeksi lainnya.

3. Mengobati diabetes

Tingkat gula darah dapat turun secara drastis dengan mengkonsumsi ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan ginseng secara bersamaan. Pasalnya, mencampur ginseng dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah terlalu rendah. Oleh karena itu, sangat diperlukan rekomendasi dari dokter.

4. Mencegah perkembangan kanker

Pertumbuhan jenis tertentu dari sel-sel kanker dapat dihambat oleh ginseng , karena ginseng memiliki efek anti tumor serta dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga berfungsi dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

minuman ginsengDalam beberapa penelitian, ginseng ditemukan bisa menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terdapat dalam ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Sebagai obat kuat

Ginseng merupakan perangsang ringan untuk meningkatkan hormon testosteron dan dihidrotestosteron. Juga meningkatkan produksi dan mortalitas sperma. Ginseng juga membantu menyeimbangkan hormon perempuan khususnya setelah melahirkan, selama menstruasi dan pada saat menopause.

7. Memperkuat daya ingat

Pada sebuah penelitian menunjukan bahwa ginseng bisa membantu memperbaiki daya ingat pada pasien stroke yang juga mengalami kepikunan. Disamping itu ginseng juga mampu meningkatkan aktivitas zat-zat kimiawi di otak.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

zat aktif pada ginseng merangsang pembentukan antibodi sehingga dapat membantu prose penyembuhan. Ginseng juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Disamping itu juga bisa mengatasi lelah dan stress serta bisa mengembalikan vitalitas setelah sakit.

9. Mengatasi insomnia

Ginseng dapat membantu tubuh menstimulasi glandula endoktrin untuk metabolisme vitamin dan mineral dengan baik, sehingga dapat membantu menyerap gizi dengan sempurna yang bisa membuat orang nyaman tidur, karena salah satu penyebab susah tidur atau insomnia adalah penyerapan gizi yang tidak sempurna.

10. Memperlancar sistem peredaran darah dan sistem saraf

Ginseng berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah, sistem saraf dan jantung. Bila sistem peredaran darah lancar, maka distribusi zat gizi dan oksigen juga akan lancar.

Bila pemakaian ginseng sesuai dengan ukuran tidak akan menimbulkan efek samping. Tetapi bila mengkonsumsi ginseng secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, antara lain gangguan emosi, gangguan tidur, tekanan darah naik, sakit kepala, dan diare. Kelebihan dosis khususnya ginseng China bersifat stimulan, akan meningkatkan aktivitas hormon estrogen secara berlebihan yang bisa menyebabkan tumor, pendarahan haid yang hebat. Dan apabila ginseng China dikombinasi dengan teh, kopi, dan minuman kola juga akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Bagi wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ginseng, karena ginseng bisa mengencerkan darah sehingga dikhawatirkan akan timbul pendarahan yang berat pada saat melahirkan. Oleh sebab itu konsumsilah ginseng sesuai dosis yang dianjurkan, karena bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik!!

Sumber gambar :
1. http://2.bp.blogspot.com/-QgOYyVs53LI/UBYqaZYiKWI/AAAAAAAAAHw/_u7vtJwJwkA/s1600/panax-ginseng-tea.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-Q5btEzWu3bc/UHEEWjUTDlI/AAAAAAAABkE/Gattr--Ti-s/s1600/manfaat-ginseng-dan-teh-hijau.jpg