Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Menyembuhkan Penyakit

tanaman sirih merahDaun sirih merah (Piper Crocatum) merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan dari sejak jaman nenek moyang kita dulu. Ciri khas sirih merah adalah batangnya bulat, berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing. Permukaan daun mengilap dan tidak merata. Bila dipegang, daun terasa tebal dan kaku. Sirih merah cenderung tumbuh di tempat teduh. Misalnya, di bawah pohon besar yang rindang atau juga bisa tumbuh subur di tempat yang berhawa sejuk.

Daun sirih merah ini sudah banyak dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Menurut keyakinan orang Jawa, daun sirih merah mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti ambeien, sebagai anti mikroba dan sering juga digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Selain itu, hal yang paling umum dari manfaat daun sirih merah adalah untuk mengurangi keputihan dan kebersihan organ kewanitaan,  salah satu manfaat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptik. Segudang manfaat dari daun sirih merah dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, polevenolad, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri. Senyawa alkaloid mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, sedangkan senyawa polevenolad dan flavonoid bersifat antikanker, antioksidan, antidiabetik, antiseptik dan antiinflamasi.

Selain banyaknya kandungan yang baik untuk kesehatan, daun sirih merah juga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut kami informasikan manfaat daun sirih merah untuk menyembuhkan penyakit, seperti :

  1. Penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan luka.
  2. Mencegah dan mengobati penyakit diabetes.
  3. Menyembuhkan penyakit TBC tulang.
  4. Mencegah dan mengobati penyakit kanker, maag, dan batu ginjal.
  5. Mencegah dan mengobati ambeien, keputihan dan bau mulut.
  6. wedang sirih merahMengobati gigi berlubang, bau mulut serta meredakan gusi berdarah.
  7. Meredakan panas demam.
  8. Menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan.
  9. Mengobati asam urat.
  10. Mengatasi dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
  11. Menyembuhkan masuk angin.
  12. Meredakan nyeri sendi.
  13. Mengobati radang prostat.

Itulah beberapa manfaat daun sirih merah yang sangat membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk mendapatkan daun sirih merah tidaklah sulit karena daun sirih merah banyak tumbuh dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa mengkonsumsi daun sirih merah, jika Anda mengalami gangguan kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas. Untuk mengkonsumsi daun sirih merah pun sangat mudah, dengan merebus daun sirih merah dan sisakan airnya sampai satu gelas dan kemudian meminumnya secara rutin, atau Anda bisa langsung mengkonsumsi daun sirih merah yang sudah banyak tersedia dalam kemasan praktis seperti wedhang herbal sirih merah. 

Sumber gambar : http://harsonosites.files.wordpress.com/2014/06/img04559-20130303-0829.jpg?w=660

3 Komentar

  1. terima kasih atas saran untuk pengobatan keluarga, dan semoga sangat bermanfaat bagi kami dan semua pembaca

  2. disamping semua manfaatnya yg bgtu bnyak ,adakah efek samping dr sirih merah,mungkin kl terlalu bnyk bs membuat rahim mjd kering,menurunkan darah atau yg lainnya

    1. Dosis yg berlebihan tentu bs mjd tdk baik. Sesuai dosisnya sj bund…sesuai kbthn..
      Smg slll sehat bund

Komentar