Kecantikan, Perawatan Wajah

Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat buah tomatTomat merupakan jenis sayuran yang banyak tersedia di pasar-pasar dan sering juga digunakan sebagai pelengkap sayuran maupun untuk jus buah. Selain untuk penambah rasa dalam menu masakan, ternyata manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit wajah dan kesehatan juga cukup banyak terutama menjaga kulit yang kusam agar tidak timbul jerawat.

Untuk menjaga kecantikan kulit wajah agar tetap sehat dan bugar, maka disarankan agar setiap orang sering mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat bermanfaat untuk sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Zat Lycopene yang terkandung didalam buah tomat berkhasiat untuk menghambat terjadinya penuaan dini serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Berikut ini adalah manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit wajah yang dapat Anda peroleh dari buah tomat, dengan begitu Anda tidak perlu sering-sering untuk pergi ke salon dan menghabiskan banyak biaya.

1. Menghilangkan komedo dan mencerahkan kulit

Buah tomat diketahui bermanfaat untuk menghilangkan komedo dan mencegahnya untuk tidak datang kembali. Caranya dengan mencampurkan buah tomat dengan buah alpukat. Tumbuklah buah tomat dan buah alpukat dalam sebuah wadah sampai halus, kemudian oleskan ke seluruh wajah sampai merata. Diamkan kira-kira 20-30 menit kemudian bilas sampai bersih. Masker wajah dari buah tomat dan alpukat ini juga cocok untuk kulit berminyak dan kering karena menghasilkan vitamin A, C serta E.

2. Sebagai tabir surya alami

Manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit wajah yang kedua adalah sebagai tabir surya alami. Tabir surya berkhasiat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang panas. Selain itu, buah tomat juga dapat digunakan untuk kulit wajah yang mengalami peradangan karena terbakar oleh sinar matahari. Bisa juga menambahkan masker wajah buah tomat dengan sedikit yogurt. Caranya, hancurkan buah tomat sampai halus kemudian campur dengan yogurt. Balurkan pada kulit wajah yang terbakar sinar matahari, diamkan beberapa saat lalu bilas sampai bersih.

3. Mengatasi kulit berminyak

Jika Anda mengalami kulit berminyak, maka buah tomat dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Caranya, blender buah tomat yang masih segar kemudian saring juicenya. Tambahkan dengan sedikit jus mentimun lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah. Biarkan selama kurang lebih 20-30 menit, bilas sampai bersih.

4. Mengatasi kulit wajah berjerawat

Buah tomat adalah salah satu buah yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Pada obat jerawat biasanya ditemukan adanya kandungan vitamin A dan C. Pada buah tomat juga kaya akan vitamin A, C dan vitamin K yang dapat membantu mengurangi masalah jerawat pada kulit wajah. Caranya dengan menempelkan potongan buah tomat pada wajah selama satu jam, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Mengecilkan pori-pori wajah

Jika Anda adalah salah satu orang yang mempunyai pori-pori wajah besar, tentu saja akan memudahkan kotoran untuk masuk ke bagian kulit wajah Anda. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada pada kulit wajah. Untuk mengobatinya, ambil 2 sendok makan jus buah tomat yang dicampur dengan 2 tetes jeruk nipis. Gunakan kapas untuk mengoleskannya ke seluruh wajah. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan secara teratur untuk menjaga kecantikan kulit wajah secara maksimal.

Itulah beberapa manfaat buah tomat bagi kecantikan kulit wajah. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.hanzhongradio.com/MUSIC/UploadFiles_7504/201402/20140209084027987.jpg