Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat pisangBuah pisang adalah buah yang sangat populer dan banyak digemari orang dari mulai anak-anak sampai orangtua. Buah dengan rasa manis ini selain mudah didapat, juga murah dan banyak kandungan vitaminnya. Pisang merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena pisang mengandung nutrisi seperti air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dalam pisang terkandung banyak serat dan beberapa  vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, sodium, magnesium, dan seng, serta kaya akan serat. Karena kandungan gizinya yang tinggi, maka buah pisang mempunyai manfaat bagi kesehatan dan pantas menjadi makanan yang wajib kita konsumsi. Apa saja sih manfaat pisang bagi tubuh kita? Berikut ini kami informasikan manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh antara lain:

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan mengkonsumsi dua buah pisang sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)

Kandungan kalium dalam pisang membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

Mencegah penyakit jantung

Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

Kesehatan janin

Wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang mudah diserap janin dan penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru serta mencegah terjadinya cacat bawaan. Selain itu, pisang juga membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sickness.

Mengatasi anemia (kurang darah)kapsul minyak habbatussauda innolife

Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan. Selain mengkonsumsi buah ini, Anda juga bisa menambahkan mengkonsumsi Kapsul Minyak Habbatussauda Innolife Assauda.

Mengatasi gangguan pencernaan

Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang bisa melancarkan buang air besar, serta kandungan vitamin B6 nya membantu meredakan gejala diare.

Menurunkan berat badan

Karbohidrat kompleks dalam pisang bisa melancarkan proses metabolisme, tidak menaikkan kadar glukosa dengan cepat, serta rendah lemak sehingga aman bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak.

Mengurangi nyeri haid

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri ketika haid, tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan atau zat yang berbahaya bagi tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi buah ini, kram dan nyeri di perut dapat berkurang.

Meningkatkan mood

Pisang membantu meningkatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari.

Ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah pisang. Jadi, Anda bisa menyertakan buah yang satu ini dalam menu sahur dan berbuka. Anda bisa menyajikan buah pisang dalam bentuk buah utuh, atau sebagai campuran makanan seperti kolak, puding, cake, dan masih banyak variasi masakan lain yang sesuai dengan selera keluarga. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/1013031_582197065136036_1733674937_n.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-gG_kYMt2BIc/Tfx_zzfYMMI/AAAAAAAAAAQ/0umzOSb1TXQ/s1600/minyak-habbatussauda-innolife-50-kaps.jpg

Komentar