Kecantikan, Kesehatan

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah lemon untuk kesehatan dan kecantikan

Lemon termasuk kedalam salah satu buah yang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Buah yang kaya akan vitamin C ini dapat disajikan dengan dingin maupun hangat dan dapat dolah menjadi masker. Selain vitamin C, lemon juga mengandung asam sitrat, kalsium, magnesium, asam folat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, zat besi, fosfor, karbohidrat, kalium, serat, seng, lemak, gula dan protein. Berbagai kandungan inilah yang membuat lemon banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Buah lemon yang dikonsumsi dalam keadaan hangat, lebih efektif dalam menjaga dan memelihara  kesehatan tubuh karena proses pengolahan berbagai zat dalam tubuh menjadi lebih cepat. Berikut ini merupakan manfaat lemon untuk kesehatan diantaranya adalah:

  • melancarkan proses pencernaan

Lemon merangsang organ hati untuk mengeluarkan cairan empedu dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga dapat mendorong keluarnya berbagai kotoran di dalam usus besar. Selain itu meminum perasan lemon yang hangat di pagi hari membantu dalam pergerakan usus, hingga buang air besar menjadi lancar dan mudah.

  • membantu membersihkan tubuh dari racun

Minuman lemon hangat sangat baik dalam membersihkan tubuh dari racun dan melarutkan asam urat serta membantu dalam mencairkan empedu. Hal ini berfungsi dalam membantu merangsang kinerja hati dan melakukan detoksifikasi.

  • menyeimbangkan pH dalam tubuh

Sifat basa pada lemon dapat membuat pH pada tubuh manusia yang relatif sifat asam menjadi seimbang sehingga stamina tubuh pun meningkat. Lemon dapat membantu membuat alkali di dalam tubuh.

  • meningkatkan daya tahan tubuh

Zat besi berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, dan lemon hangat yang dicampur dengan madu dapat menyerap zat besi secara lebih banyak tubuh. Kandungan vitamin C dalam lemon berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dari radikal bebas. Selain itu kandungan flavonoid diketahui juga dapat melawan virus.

Minuman lemon yang disajikan dengan hangat mengandung saponin yang mempunyai aktivitas sebagai antimikroba, yang efektif dalam mengatasi kolera, virus malaria, tipus, difteria dan bakteri lainnya. Anda dapat mengkonsumsi minuman tersebut di pagi hari secara teratur.

  • mengatasi bau mulut

Lemon dapat mengatasi masalah bau mulut dengan cara membuat nafas menjadi lebih segar. Walaupun efektif mengangkat aroma tidak sedap didalam rongga mulut. Namun tidak dianjurkan untuk sering berkumur dengan menggunakan air lemon karena dapat membuat email gigi rusak.

Selain itu lemon juga banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan lambung, menjaga kesehatan mata agar penglihatannya lebih tajam serta mengatasi gangguan pada mata, berperan sebagai antikanker, membantu menghilangkan cacing dari dalam tubuh penyebab gangguan pada kesehatan, mengatasi penyakit Parkinson, membantu dalam memperkuat pembuluh darah, mengatasi tekanan darah tinggi, membantu mengobati kudis.

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Selain dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, lemon juga digunakan untuk menjaga kecantikan tubuh diantaranya adalah:

  • berfungsi sebagai astringent bagi kulit.
  • membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit dan mengangkat kotoran serta bakteri penyebab jerawat. Selain untuk mencegah timbulnya jerawat jus lemon juga dapat menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.
  • membantu menyamarkan noda hitam
  • menyamarkan tanda penuaan dengan cara membantu mengurangi keriput
  • membuat kuku menjadi lebih sehat dan kuat
  • mencerahkan kulit
  • mengatasi rambut kering, rontok dan rambut rusak
  • membantu meringankan bibir pecah-pecah
  • membantu memutihkan gigi
  • menghaluskan kulit

Demikianlah informasi mengenai manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan, semoga dapat bermanfaat.

Sumber gambar : http://nisrina.co.id/blog/uploads/2015/06/Lemon.jpg

PRODUK MENARIK :

Produk Menarik untuk Anda:

RB Propolis With Nano Technologi Untuk Kesehatan Tubuh

RB Propolis With Nano Technologi Untuk Kesehatan Tubuh

RB Propolis with Nano Technologi merupakan salah satu produk propolis cair yang dibuat dari propolis ....
Kapsul Minyak Habbatussauda Innolife Assauda, Mudah Dikonsumsi, Mudah diserap Tubuh Untuk Hasil Yang Maksimal

Kapsul Minyak Habbatussauda Innolife Assauda, Mudah Dikonsumsi, Mudah diserap Tubuh Untuk Hasil Yang Maksimal

Innolife Assauda adalah Obat herbal terbuat dari minyak habbatussauda jenis habasyah yang didapat dari proses ....