manajemen waktu untuk mompreneurMenjadi mompreneur yang sukses adalah dambaan setiap ibu rumah tangga. Namun, kendati cukup membanggakan, menjadi seorang mompreneur tidaklah mudah. Anda harus pandai-pandai mengatur waktu antara pekerjaan di rumah dengan segala urusan bisnis Anda.

Anda harus bisa memperkirakan waktu yang akan dialokasikan untuk pekerjaan rumah tangga dan waktu khusus untuk merintis usaha. Untuk pekerjaan yang ringan, Anda bisa mengalokasikannya dengan waktu yang pendek. Tapi beda dengan pekerjaan yang berat dan rumit, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama atau Anda dapat membagi pekerjaan berat menjadi beberapa periode sehingga menjadi pekerjaan ringan.

Sebagai seorang mompreneur, Anda tidak hanya diwajibkan pintar membagi waktu untuk keperluan bisnis, tetapi Anda juga wajib mengatur waktu dalam mengurus pekerjaan rumah tangga. Sebab, tugas utama Anda sebagai ibu rumah tangga adalah mengurus segala kebutuhan keluarga.

Agar bisa menjalankan kedua peran tersebut dengan seimbang, dibutuhkan manajemen waktu yang tepat untuk menjadi mompreneur sukses.

Perencanaan waktu yang efektif

Anda harus membuat perencanaan harian. Buatlah daftar tentang pekerjaan-pekerjaan apa yang harus Anda lakukan dalam waktu satu hari dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing pekerjaan. Selesaikan pekerjaan Anda satu demi satu. Jangan beralih pada pekerjaan yang lain sebelum pekerjaan sebelumnya dapat Anda selesaikan dengan baik. Pastikan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan sebelum batas waktu yang telah Anda tentukan, lebih baik lagi jika Anda bisa menyelesaikannya sebelum waktu yang ditentukan.

Menetapkan tujuan

Melakukan pekerjaan tanpa tujuan yang jelas hampir sama dengan Anda hidup tanpa arah dan tujuan. Tetapkan target yang ingin dicapai karena penetapan tujuan berpengaruh terhadap keuntungan yang akan didapat. Jadi bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan dengan pola pikir yang tepat sehingga tercapailah tujuan yang berharga.

Menetapkan batas waktu

Tetapkanlah batas waktu untuk setiap pekerjaan yang Anda lakukan, usahakan pekerjaan selesai sebelum batas waktu terakhir. Jangan mengerjakan suatu pekerjaan terlalu mepet dengan batas waktu yang ditentukan karena hasilnya tidak akan memuaskan seperti yang diharapkan. Dengan menetapkan batas waktu maka Anda akan belajar untuk disiplin waktu dan membuat pekerjaan selesai tepat pada waktunya. Meskipun Anda harus mengerjakan pekerjaan rumah, Anda tetap harus bersifat profesional dan harus mematuhi segala peraturan yang Anda buat sendiri.

Prioritaskan pekerjaan sesuai kepentingannya

Prioritaskan pekerjaan sesuai dengan kepentingannya. Belajarlah membedakan mana pekerjaan yang penting dan mendesak sehingga harus didahulukan. Buatlah checklist prioritas pekerjaan, dengan menetapkan prioritas pekerjaan maka dapat membantu Anda untuk lebih mudah dan tanggap melakukan sesuatu.

Alokasi waktu yang tepat untuk pekerjaan yang tepat

Kembangkanlah kebiasaan Anda untuk melakukan suatu pekerjaan tepat pada waktunya. Janganlah pernah membuang waktu Anda secara sia-sia, karena pekerjaan yang dilakukan pada waktu yang salah maka tidak akan ada gunanya. Tapi jangan lupakan juga kewajiban Anda sebagai ibu rumah tangga.

Biasakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda sesuai agenda, karena peran Anda baik sebagai ibu rumah tangga dan pelaku usaha membutuhkan perhatian ekstra. Jika salah satu diantaranya saja tidak Anda patuhi maka akan berakibat fatal pada pekerjaan yang lainnya. Bersikaplah adil antara pekerjaan, mengurus anak dan tugas rumah tangga. Semoga sukses.

Sumber gambar : http://www.themogulmom.com/wp-content/uploads/2013/02/work-at-home-time-management-challenges.jpg