Kesehatan

Makanan Yang Sehat Dan Enak Untuk Dikonsumsi Saat Puasa

agar agarSaat bulan puasa seperti ini, demi menjaga kesehatan pencernaan, kita harus selektif dalam memilih makanan yang kita konsumsi. Terutama makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang di dalamnya. Seringkali kita beranggapan bahwa makanan sehat adalah makanan yang  tidak enak. Siapa bilang? Anda bisa juga mengkonsumsi makanan enak tapi tetap sehat terutama selama bulan puasa. Selain ramah di perut, makanan ini juga ramah di kantong juga lho. Berikut ini Makanan yang sehat dan enak untuk dikonsumsi saat puasa,

Makanan berbahan kedelai

Konsumsilah makanan yang terbuat dari kacang kedelai, seperti tempe, susu kedelai, tahu, snack kedelai dan sebagainya. Makanan jenis ini selain murah, juga nikmat dan sehat. Kandungan proteinnya mampu menutrisi tubuh kita dan sangat rendah kolesterol. Yang terpenting adalah Anda memasaknya secara tepat. Jika Anda tidak sempat membuat susu kedelai, Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai dalam kemasan praktis seperti susu kedelai green soya gold.

Agar-Agar

Agar-agar menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan saat membuat takjil untuk berbuka puasa. Bahan makanan ini selain nikmat, juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Dengan mengkonsumsi agar-agar, pencernaan akan semakin lancar.

Buah yang mengandung banyak air

Buah dengan kandungan air yang banyak seperti semangka, melon, blewah, jeruk, anggur, buah berry, mangga, nanas dan pir adalah buah yang pas dinikmati pada saat berbuka. Buah-buahan yang mengandung banyak air dan kadar keasaman cukup rendah ini lebih aman untuk pencernaan yang sensitif serta melepas dahaga.

Kurmasari kurma sahara

Buah kering yang satu ini sudah bukan rahasia lagi untuk dinikmati di bulan puasa. Kurma memiliki rasa yang manis dan cocok untuk berbuka puasa maupun sahur. Kandungan gula dalam kurma lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga energi tubuh akan lebih cepat pulih.

Anda bisa menikmati buah kurma kering secara utuh, dijadikan jus atau bisa juga sebagai campuran membuat puding atau cake. Jika ingin lebih praktis lagi Anda bisa memilih sari kurma dalam kemasan seperti sari kurma sahara, sari kurma aljazira, dan sari kurma al barnie.

Ikan-Ikanan

Bagi Anda yang tak memiliki alergi terhadap makanan jenis ini, ikan menjadi makanan yang ramah bagi pencernaan. Pilihlah ikan yang banyak mengandung omega 3 dan 6. Selain nikmat, makanan jenis ini dipercaya bisa memelihara otak agar Anda bisa selalu fokus selama berpuasa.

Telur

Sebagai salah satu jenis makanan harian, telur memiliki rasa yang nikmat dan mudah diolah. Putih telur juga akan sangat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Namun sebaiknya hindari produk telur dalam bentuk mayonaise karena beberapa jenis mayonaise bisa membuat perut sensitif.

Nah, sekarang Anda bisa mencoba beberapa jenis makanan tersebut menjadi salah satu menu berbuka Anda bersama keluarga. Selain sehat, harganya pun terjangkau dan dijamin pasti enak serta disukai keluarga Anda. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://themoderngelatina.files.wordpress.com/2010/08/img_18192.jpg
2. http://denpasarherbal.com/foto_produk/35282882_257539931018819_1113742924_n.jpg<s/small>