makanan pencegah kankerPenyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang, salah satunya bagi wanita. Salah satunya seperti kanker serviks yang nyata telah banyak merenggut nyawa wanita, tidak terkecuali yang berusia produktif atau memasuki usia 35-50 tahun.

Sampai saat ini gejala kasus kanker serviks masih sulit ditemukan, sehingga pada kebanyakan kasus ditemukan pada stadium lanjut. Melakukan pencegahan dini akan lebih baik bagi kesehatan alat reproduksi Anda. Salah satu pencegahannya bisa dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan resiko terserang kanker serviks. Makanan yang bisa mencegah resiko kanker serviks antara lain:

1. Kubis

Kubis atau kol merupakan sayuran tertua yang berasal dari Asia-Mediterania yang memiliki 400 varietas kubis. Kubis mengandung fitonutrien dan vitamin A, C dan K. Kubis juga mengandung lupeol, sinigrin, DIM, I3C, sulforaphae untuk menghambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker serviks. Sebaiknya kubis dimakan mentah, karena kandungan gizinya lebih tinggi daripada yang sudah diolah.

2. Brokoli dan bunga kol

Brokoli dan bunga kol mengandung beberapa nutrisi yang bisa menurunkan resiko kanker serviks., salah satunya yaitu vitamin B. Selain itu, terdapat juga kandungan folat yang mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker serviks. Kandungan glucoraphanin, indole-3-carbinal ,senyawa antioksidan yang merupakan senyawa anti kanker, tidak hanya pada kanker serviks tetapi bisa juga untuk kanker prostat dan kanker payudara.

3. Alpukat

Buah yang baik dikonsumsi penderita kanker serviks salah satunya yaitu buah alpukat. Dalam buah ini terdapat 25 nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan glutation dan asam oleat yang dimiliki alpukat mampu melawan tubuh dari radikal bebas dan melindungi diri dari kanker.

6. Teh hijau

Teh hijau dapat membantu Anda melawan anti kanker karena kandungan polyphenol dan flavonoid yang dapat juga mematikan sel kanker dan membangun imunitas tubuh. Sekarang telah banyak tersedia olahan dari teh hijau dalam bentuk makanan dan minuman.

4. Raspberry, blueberry, blackberry

Kandungan antioksidan pada buah-buahan ras berry memiliki antioksidan yang ternyata mencegah dan menghambat perkembangan yang semakin parah sel kanker serviks.

5. Wortel

Menurut penelitian, wortel mampu memperkuat imunitas tubuh dari serangan virus, termasuk virus penyebab kanker serviks. Selain itu juga wortel melindungi tubuh dari radikal bebas.

7. Coklat

Kakao atau dikenal dengan nama ilmiah (Theobroma cacao)  yaitu coklat yang mengandung vitamin A, B, C, D dan E dan juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membuat Anda terhindar dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

8. Tomatminyak zaitun le riche

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa tomat mengandung zat likopen dan karoten yang mampu mengurangi resiko kanker termasuk diantaranya kanker rahim atau kanker serviks. Anda bisa mendapatkan manfaatnya baik dari tomat segar maupun dari olahan tomat seperti saus tomat.

9. Minyak zaitun

Minyak  zaitun yang mengandung lemak tak jenuh mampu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak zaitun dapat mencegah, mengobati kanker serviks dan menghentikan sel kanker. Manfaat minyak zaitun bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi secara tepat dan teratur. Anda bisa rutin mengkonsumsi minyak zaitun seperti minyak zaitun al amir dan minyak zaitun le riche.

Dari beberapa makanan yang bisa mencegah resiko penyakit kanker serviks tersebut merupakan makanan yang mengandung vitamin A, B, C, E, kalsium, beta karoten, polyphenol, dan flavonoid. Makanan tersebut bisa rutin Anda konsumsi, selain bisa menurunkan resiko penyakit kanker serviks, tubuh juga akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Cegah kanker serviks dengan makanan sehat!

sumber gambar:
1. http://cfile30.uf.tistory.com/image/24292C4651F10D07055279
2. http://pondokibu.com/wp-content/uploads/2011/02/le-riche.jpg