Kesehatan

Makanan Yang Bisa Membuat Ginjal Menjadi Sehat

organ ginjalMenjaga kesehatan ginjal penting dilakukan. Pasalnya sangat mungkin kebiasaan buruk dan pola hidup tidak sehat memungkinkan Anda terkena batu ginjal. Batu ginjal bisa membatasi dan mengganggu  aktivitas harian, karena Anda akan merasakan sakit yang luar biasa di bagian pinggang bawah baik satu sisi maupun keduanya. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Padahal, ginjal sehat bisa didapat dengan mengkonsumsi beberapa sumber nutrisi ini.
Makanan apa saja yang bisa menyehatkan ginjal Anda? Berikut ini kami informasikan makanan yang bisa membuat ginjal menjadi sehat.

1. Paprika merah

Salah satu jenis sayuran yang sempurna bagi mereka yang mengalami penyakit ginjal adalah paprika merah. Paprika merah mengandung rendah kalium dan kaya akan vitamin A,C, dan B6, asam folat dan serat sehingga baik bagi Anda yang memiliki masalah ginjal dan mencegah beberapa jenis kanker. Paprika merah dapat membantu memecah sisa-sisa limbah tak terpakai yang terdapat di dalam darah.

2. Putih telur

Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda perlu protein dengan fosfor yang lebih sedikit. Sumber protein ini bisa didapat dari putih telur. Sebab, putih telur memiliki protein yang sehat dan kandungan fosfor jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Namun perlu diingat, orang dengan masalah ginjal harus menghindari mengkonsumsi kuning telur.

3. Kembang kol

Sayuran ini merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Kembang kol memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan rendah kalium sehingga dapat membantu membersihkan organ ginjal. Cara termudah untuk mengolah kembang kol adalah dengan merebus dan menambahkan sedikit bumbu seperti merica serta garam. Kembang kol merupakan sayuran ‘musuh’ bagi senyawa beracun dalam tubuh Anda. Kembang kol kaya akan indoles, glucosinolates, dan tiosianat, semua zat ini sangat bermanfaat untuk membuang semua limbah beracun dalam tubuh Anda.

4. Kubis

Sayuran berlapis ini merupakan sumber yang baik untuk phytochemical. Phytochemical bekerja untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak tubuh dan kulit. Selain itu, pada dasarnya setiap buah dan sayuran yang dapat memecah radikal bebas merupakan rahasia kulit bersinar alami.

5. Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat melindungi ginjal dari penyakit. Ikan sehat yang baik untuk ginjal seperti ikan salmon, makarel, hering dan tuna.

6. Minyak zaitunMinyak Zaitun Al Ghuroba

Minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung anti inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada ginjal. Anda sebaiknya memilih minyak zaitun ekstra virgin atau virgin karena kandungan anti oksidannya lebih tinggi. Minyak zaitun tersebut seperti minyak zaitun le riche, minyak zaitun al-amir, dan minyak zaitun al ghuroba.

7. Jus buah atau sayur

Baik jus buah maupun jus sayur memiliki sifat untuk membuang sisa limbah tak terpakai yang ada di dalam tubuh. Jus sayuran memiliki phytochemical yang besar bagi mereka yang menjalani dialisis, sebab kandungan ini membantu mencegah timbulnya gagal ginjal. Sementara jus buah, terutama buah yang kaya antioksidan, dapat meningkatkan kesehatan ginjal.

8. Bawang merah

Bawang bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Bawang merah berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.

9. Apel

Buah ini sangat baik dikonsumsi untuk fungsi ginjal Anda. Sebab apel memiliki serat dan anti inflamasi yang membantu mengingkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

10. bawang putih

Bawang putih merupakan makanan super yang memiliki anti oksidan dan anti pembekuan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

sumber gambar:
1. http://connect-prod.s3.amazonaws.com/assets/diabeticconnect/000/031/740/1000x550.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2009/01/Minyak-Zaitun.jpg