Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

makanan untuk meningkatkan kesuburan wanitaMeningkatkan kesuburan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain menjaga kesehatan reproduksi, selektif memilih makanan menjadi solusinya. Gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan buruk dapat mempengaruhi kesuburan wanita, sehingga Anda harus memiliki pola makan sehat untuk meningkatkan kesuburan.  Anda bisa mencoba cara alami meningkatkan kesuburan dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan wanita. Berikut ini kami informasikan beberapa jenis makanan untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

Buah dan sayuran berwarna cerah

Sayur dan buah-buahan yang berwarna cerah selain kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting, juga kaya akan antioksidan dan fitokimia yang membantu menghilangkan radikal bebas.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau adalah sumber yang kaya vitamin dan protein. Sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi salah satunya yaitu bayam yang kaya akan asam folat sehingga menjadi makanan wajib bagi wanita yang ingin meningkatkan kesuburan reproduksinya. Seluruh sayuran hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan sel darah dan menjaga kesehatan Anda. Karena sayuran hijau kaya akan zat besi. Zat besi sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi seimbang, karena banyak wanita yang kekurangan zat besi cenderung memiliki menstruasi yang tidak teratur. Ketika wanita mengalami gangguan pada siklus menstruasi mereka, mereka cenderung susah untuk cepat hamil.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian dicerna lebih lambat di dalam tubuh, yang membantu mengatur tingkat insulin dan meningkatkan ovulasi. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, bermanfaat untuk memperkuat sistem reproduksi yang lemah. Anda bisa menyertakan karbohidrat dalam diet Anda. Pilihlah roti gandum utuh, beras merah, jagung, gandum dan makanan serupa yang kaya kandungan karbohidrat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi biji-bijian sehari sekali untuk meningkatkan sistem reproduksi Anda.

Telur

Telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting seperti protein dan kolin. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat. Asam folat sangat penting selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi lahir cacat saraf seperti spina bifida.

Minyak zaitun

Omega-3 biasanya ditemukan pada minyak zaitun. Studi menunjukkan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur, sehingga menjadi bagian penting dari diet kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk hamil.

Susu, keju, yogurt, dan es krim

Susu sesungguhnya tak hanya berfungsi untuk mempermudah mendapatkan kehamilan, tetapi juga menunjang kebugaran. Kalsium dan zat besi dalam produk susu secara efektif memperkuat tulang, meningkatkan kesuburan dan membuat Anda tetap energik.

Karbohidrat kompleks

Dalam beberapa tahun terakhir, karbohidrat telah mendapat cap buruk. Banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan dapat membuat lingkar pinggang besar. Beberapa wanita yang sedang berusaha untuk hamil keliru jika mereka berpikir bahwa harus menghindari karbohidrat untuk mempertahankan berat badan mereka. Tidak semua karbohidrat diciptakan sama.

Konsumsi protein hewanisari kurma sahara lezat dan sehat

Daging ikan, daging sapi atau ayam tanpa lemak juga bermanfaat bagi kesuburan wanita. Sertakan makanan kesuburan ini dalam diet Anda. Protein hewani yang kaya akan zat besi merupakan cara alami untuk meningkatkan kesuburan. Namun, Anda harus ingat bahwa konsumsi makanan secukupnya untuk menghindari asupan zat besi yang berlebihan. Pasalnya, menurut peneliti, asupan yang berlebihan dari zat besi justru dapat memengaruhi sistem reproduksi negatif.

Bit merah

Bit merah sudah lama terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan kesuburan, bahkan memperpanjang usia kesuburan pada perempuan. Bit merah kaya akan asam folat, memperbaiki DNA dan mencegah cacat pada bayi. Selain itu, bit merah berperan juga sebagai makanan detoksifikasi, ampuh membuang racun-racun kimia dengan meningkatkan enzim detoksifikasi dalam tubuh Anda. Mengkonsumsi bit merah sebelum merencanakan kehamilan akan sangat bermanfaat bagi janin nantinya, karena membuang racun dalam tubuh Anda.

Demikian jenis makanan yang bisa membantu Anda dalam mensukseskan program kehamilan yang Anda rencanakan. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda, bisa juga mengkonsumsi sari kurma sahara, sari kurma al jazira, dan madu. Selain memperhatikan pola makan Anda, konsultasi ke dokter juga sangat diperlukan.

PENTING UNTUK ANDA 

Sumber gambar : http://assets.kompas.com/data/photo/2010/07/02/1204035620X310.jpg

1 Komentar

Komentar