makanan bayi,aneka makanan bayi

Memiliki anak yang cerdas dan pintar tentu menjadi keinginan setiap orang tua, akan tetapi tidak semua keinginan orang tua tersebut bisa dipenuhi karena kecerdasan anak dipengaruhi oleh banyak faktor.

Salah satu faktornya adalah asupan makanan bagi anak terutama asupan zat gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Pada umur 0 sampai dengan 5 tahun otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal atau biasa disebut dengan masa keemasan (golden age), sehingga pada  masa-masa itu asupan zat gizi khususnya bagi otak sangat penting untuk diperhatikan sehingga nantinya anak memiliki kemampuan otak yang baik.

Penelitian membuktikan, kekurangan 1 mineral dan vitamin yang penting untuk otak bisa menurunkan kesiagaan mental otak. Pola makan yang kaya buah dan sayuran, gandum, ditambah dengan daging dan ikan dapat mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin utama yang diperlukan bagi kesehatan fisik dan mental.

Bahan makanan yang bisa mencerdaskan otak anak antara lain:

  1. Ikan, baik ikan laut (khususnya ikan salmon) maupun ikan air tawar merupakan bahan makanan yang baik bagi pertumbuhan otak karena mengandung omega-3, asam lemak DHA dan EPA.
  2. Telur, merupakan sumber protein yang bagus, selain itu kuning telur mengandung kolin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan memampuan daya ingat otak.
  3. Kacang-kacangan, merupakan sumber vitamin E, antioksidan, tiamin yang berguna meningkatkan kemampuan otak.
  4. Gandum atau nasi, otak membutuhkan glukosa yang konstan yang bisa dipenuhi oleh gandum atau nasi, selain itu gandum atau nasi juga mengandung vitamin B.
  5. Buah-buahan, khususnya strawberi, blueberrie atau  buah-buahan yang berwarna, dimana buah-buahan tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mengandung vitamin C
  6. Kacang Kedelai, yang terkandung dalam tahu dan tempe mengandung banyak protein, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral.
  7. Sayur-sayuran, wortel, tomat, bayam dan sayuran yang berwarna banyak mengandung antioksidan yang menguatkan dan menyehatkan sel otak.
  8. Sus, banyak mengandung protein dan vitamin B yang berguna bagi perkembangan otak
  9. Daging, mengandung protein, zat besi dan mineral yang berguna untuk meningkatkan daya ingat otak.

Dengan dikonsumsinya bahan-bahan makanan tersebut diatas kita sebagai orang tua bisa berharap bahwa anak kita akan menjadi anak yang pandai dan cerdas.

(Dari Berbagai Sumber)
http://img.vibulletin.com/img/images/705Jenis_makanan_yang_bis.jpg