Makanan Tinggi Kolesterol Yang Harus Dihindari

makanan yang mengandung kolesterolKolesterol tinggi dalam darah merupakan salah satu faktor resiko dari penyakit jantung. Namun, kolesterol tinggi tidak terbentuk dalam semalam, tetapi perlahan-lahan. Salah satunya adalah akibat pola makan yang salah. Meskipun Anda tidak memiliki tanda-tanda, gejala, ataupun riwayat keluarga dengan penyakit jantung, tetapi Anda wajib untuk menjaga diet sehat agar tetap memiliki kesehatan yang prima.

Mungkin Anda sudah menghindari makanan-makanan berlemak yang diketahui sebagai sumber kolesterol. Namun, ada juga makanan yang tak terduga mengandung kolesterol tinggi. Makanan tinggi kolesterol yang harus dihindari antara lain:

1. Daging unggas

Daging unggas memang dianggap lebih minim resiko dibanding daging merah karena memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih rendah. Namun, jika dimakan dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering, daging unggas juga akan memberikan efek negatif, salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Salah satu daging unggas yaitu ayam, meskipun ayam rendah lemak, namun ia tinggi kolesterol. Satu kaki ayam dengan kulit memiliki lebih banyak lemak dan kolesterol daripada secangkir es krim atau burger. Kulit ayam terutama yang paling tinggi kolesterol.

2. Gula tambahan

Satu fakta yang cukup mengejutkan adalah gula tambahan ternyata berhubungan dengan penurunan kadar kolesterol “baik” atau high density lipoprotein (HDL) dalam darah. Jadi, pengurangan gula tambahan dalam diet, selain mengurangi resiko diabetes juga memperbaiki kadar kolesterol.

3. Produk susu

Produk susu memang mengandung banyak nutrisi yang penting seperti kalsium, protein, vitamin, dan mineral, tetapi juga mengandung lemak jenuh. Maka sebaiknya pilihlah produk yang rendah lemak.

4. Kuning Telurtelur

Sebuah kuning telur dapat mengandung 210mg kolesterol, sementara telur utuh mengandung 212mg kolesterol. Hampir semua kolesterol pada telur terdapat pada kuning telur.Telur memang baik untuk kesehatan, namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi kuning telur, putih telur justru mengandung protein dan lebih sehat.

5. Hati

Hindari makan hati ayam, hati sapi atau hati kambing atau hati apapun, karena hati berisi 564mg kolesterol per 100 gram. Tiga ons hati sapi dimasak akan memberikan 331 mg kolesterol.

6. Mentega

Banyak sekali makanan yang dibuat menggunakan mentega, seperti roti dan kue-kue lainnya, padahal mentega adalah salah satu makanan tinggi kolesterol. 100 gram mentega kemasan 215mg (72% nilai harian) mengandung kolesterol dan satu sendok makan mengandung 30mg (10% nilai harian).

7. Udang

100 gram udang mengandung 195 mg kolesterol. satu udang mengandung 11 mg kolesterol dan satu ons mengandung sekitar 55 mg kolesterol.

8. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji umumnya dikemas dengan kolesterol. Sebuah chip, telur, dan keju biskuit akan memberikan 172mg (57% nilai harian) per porsi 100g, atau 246mg (82% nilai harian) kolesterol per biskuit.

9. Keju

Keju adalah mengandung protein dan  merupakan sumber kalsium yang baik. Namun, keju mengandung kolesterol setidaknya 123mg (41% nilai harian) per 100 gram penyajian. Itu 21mg (7% nilai harian) per satu kubus inch.

10. Olahan daging

Olahan daging merupakan salah satu jenis makanan tinggi kolesterol. Beberapa daging olahan seperti sosis atau daging olahan lainnya mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Olahan daging domba dan bebek adalah salah satu makanan yang mengandung kolesterol.

11. Cheese Burger

Sebuah burger keju besar telah memiliki sekitar 175 mg kolesterol. Sebaiknya anda hanya memesan burger polos tanpa ada tambahan keju.

12. Es Krim

Makanan tinggi kolesterol ini banyak digemari. Satu cangkir es krim memiliki lebih banyak lemak dan kolesterol daripada hamburger. jadi baiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi es krim jika anda memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Sumber gambar: 
http://www.deherba.com/media/k2/items/cache/7d0d25bfcaa1421c2931a4f0387462aa_XL.jpg
http://lachicchattenoir.files.wordpress.com/2011/03/65465_telur_mata_sapi.jpg

Komentar