Kehamilan & Kelahiran

Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Produksi ASI

nutrisi asiIbu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk meningkatkan pasokan ASI. Menyusui tak hanya menjadi cara menjalin kasih sayang antara ibu dan bayi. Aktivitas ini juga merupakan cara terbaik memberikan nutrisi sempurna untuk buah hati. Menyantap makanan sehat saat menyusui juga meningkatkan energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh tak hanya untuk sang ibu, tapi juga bayi.

Untuk mempertahankan produksi ASI yang cukup dan membantu bayi tumbuh dengan baik, Anda perlu mengkonsumsi makanan bervariasi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Jenis makanan apa saja sih yang bisa meningkatkan produksi ASI?. Berikut  kami informasikan makanan sehat untuk meningkatkan produksi ASI.

Buah-buahan

Buah bisa menjadi camilan sehat untuk ibu menyusui. Buah bisa dikonsumsi dalam keadaan segar sebagai makanan ringan atau selingan sebelum makan. Banyak jenis buah yang mengandung vitamin A, B, K dan C. Salah satu vitamin dalam buah yang banyak memberi manfaat bagi tubuh adalah vitamin C. Vitamin C dalam buah diperlukan untuk membantu tubuh menyerap zat besi dan membangun sistem kekebalan tubuh ibu menyusui dan juga bayi. Buah dapat dimakan dalam keadaan alami, beku atau dijus. Anda perlu makan 3-5 porsi buah setiap hari.

Sayur-sayuran

Sayuran adalah sumber utama dari zat besi, serat, asam folat, beta karoten, vitamin C, likopen, flavonoid dan beta glukan. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi membantu mempertahankan tingkat energi Anda dan dapat mencegah anemia. Asam folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika Anda ingin mengkonsumsi sayuran mentah, Anda bisa memilih bayam, selada, tomat, ketimun dan jamur. Dan jika memilih sayuran yang dimasak, coba kacang polong, dan jagung. Sebaiknya, Anda harus makan 3-5 porsi sayuran setiap hari.

Kacang-kacangan

Kacang termasuk camilan sehat untuk ibu menyusui, karena kacang mengandung banyak nutrisi seperti protein dan sumber lemak yang baik dan sehat untuk diet. Protein dibutuhkan untuk menghasilkan dan memperbaiki sel-sel yang penting dalam tubuh. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Kalsium yang cukup diperlukan untuk membangun tulang yang sehat dan gigi yang kuat. Kacang yang sehat untuk camilan ibu menyusui seperti kenari, kacang pinus, hazelnut, kacang Brasil dan masih banyak lagi.

Gandum

Gandum yang utuh memiliki kandungan gizi yang berlimpah. Seluruh butir gandum adalah sumber vitamin B, vitamin E, selenium, kalium, folat, protein, dan zat besi. Butir gandum utuh lebih baik daripada gandum halus.  Gandum utuh mengandung serat alami dan nutrisi lebih banyak dibanding gandum halus karena gizinya bisa hilang saat proses penggilingan. Gandum utuh bisa diperoleh dari oatmeal, roti gandum, quinoa, bulgar, beras merah, dan barley.

IkanMinyak Ikan Salmon

Makanan ini mempunyai kandungan tinggi asam lemak omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun,  ibu menyusui tidak disarankan mengkonsumsi ikan hiu, ikan todak, makarel raja, atau ikan ubin karena tingkat merkurinya yang tinggi. Ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi ikan dengan tingkat merkuri yang rendah seperti ikan salmon dan ikan patin. Nutrisi ikan salmon juga bisa Anda dapatkan dalam kemasan praktis seperti kapsul minyak ikan salmon.

sumber gambar:
1. http://static.respuestario.com/images/12/456/3388/327245/5/amamantar_1352873801285.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2013/06/Minyak-Ikan-Salmon.jpg