Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Makanan Sehat Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

makanan penambah darahMasa kehamilan bagi seorang wanita adalah saat dimana tubuh membutuhkan asupan gizi yang maksimal dari makanan sehat yang dikonsumsi setiap harinya. Pada masa kehamilan ini juga, seorang wanita juga akan mengalami suatu penurunan kemampuan tubuh untuk dapat bekerja dengan maksimal.

Selain itu, ibu hamil juga akan lebih sering mengalami letih, sesak nafas, wajah pucat, kepala pusing dan berbagai keluhan ibu hamil lainnya. Dengan berbagai macam keluhan ibu hamil seperti itu merupakan indikasi bahwa ibu hamil sedang mengalami kekurangan darah atau disebut juga dengan anemia.

Penyebab kekurangan darah oleh ibu hamil pada masa kehamilan disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya yaitu kurangnya asupan zat besi pada makanan yang dikonsumsi, meningkatnya kebutuhan zat besi bagi pertumbuhan janin, pola makan ibu hamil yang terganggu akibat mual selama masa kehamilan dan keluhan ibu hamil lainnya. Untuk menangani masalah kekurangan darah, ibu hamil membutuhkan makanan sehat penambah darah agar asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi.

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat penambah darah untuk ibu hamil yang penting dikonsumsi setiap harinya.

1. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan juga dapat mengatasi masalah kekurangan darah pada ibu hamil. Selain itu, buah-buahan juga terbukti baik bagi kesehatan tubuh dan dapat melancarkan peredaran darah. Sehingga sangat dianjurkan bagi wanita di masa kehamilan untuk mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Jenis buah-buahan penambah darah diantaranya adalah kismis, apel, melon, anggur dan jeruk.

2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran adalah makan sehat yang mengandung serat dan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Konsumsilah sayur-sayuran secara rutin karena sayuran adalah makanan sehat penambah darah yang baik bagi tubuh terutama untuk ibu hamil. Diantaranya adalah bayam, kacang merah, kol, daun ubu, brokoli, sawi dan masih banyak lagi.

3. Daging

Daging adalah salah satu makanan sehat yang mengandung zat besi cukup tinggi sehingga baik untuk penambah darah. Walaupun ada beberapa orang yang anti mengkonsumsi daging karena takut akan kolesterol, akan tetapi daging juga bermanfaat untuk penambah darah. Konsumsilah daging untuk menambah sel darah merah tubuh Anda, namun jangan terlalu banyak agar tubuh Anda terhindar dari penumpukan kolesterol.

4. Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung zat besi sehingga baik bagi tubuh Anda sebagai penambah darah. Dalam 1 ons kacang almond bisa memenuhi 6 % kebutuhan zat besi di dalam tubuh Anda, sehingga tidak ada salahnya jika ibu hamil mengkonsumsi kacang almond pada masa kehamilan untuk menghindari gejala anemia.

5. Roti dan sereal

Makanan sehat dengan bahan dasar gandum sangat baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil karena mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk penambah darah. Makanan yang berbahan dasar gandum diantaranya adalah roti, sereal dan masih banyak lagi.

Kekurangan darah atau anemia dapat dialami oleh siapa saja termasuk ibu hamil yang kekurangan asupan gizi khususnya zat besi. Sehingga, alangkah baiknya bagi ibu hamil untuk memperhatikan pola makan yang benar dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://us.images.detik.com/content/2013/09/26/900/sereal_cvr.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....