Kesehatan

Makanan Kaya Zat Besi Untuk Menambah Darah

sumber zat besiZat besi adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Dimana jika tubuh kita kekurangan zat besi maka akan mengakibatkan anemia, rambut rontok, kelelahan, dan sakit kepala. Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Nah, agar kebutuhan zat besi dalam tubuh Anda tercukupi, Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi dalam menu makanan Anda, apalagi saat bulan puasa seperti sekarang ini, tentunya Anda akan lebih banyak membutuhkannya. Makanan apa saja sih yang ampuh menambah darah? Berikut ini kami informasikan makanan kaya zat besi untuk menambah darah.

1. Hati

Hati adalah sumber makanan yang kaya zat besi. Hati ayam (100 gram) mengandung 9 mg zat besi. Tetapi, hati sapi mengandung jauh lebih sedikit kalori dan rendah kolesterol dibandingkan dengan jenis hati lainnya.

2. Ikan

Makanan laut yang satu ini tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Anda sebaiknya memilih ikan dengan kandungan rendah merkuri seperti ikan salmon, ikan tuna, tengiri, ikan sarden, dan masih banyak lagi. Rajin mengkonsumsi ikan atau minyak ikan merupakan cara untuk melindungi tubuh dari penurunan fungsi kognitif pada otak dan menurunkan kolesterol, serta meningkatkan sel darah merah. Sebagai alternatif, Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan dalam kemasan praktis seperti kapsul minyak ikan salmon.

3. Daging sapi

Daging merah merupakan makanan yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin, salah satunya adalah daging sapi. Namun perlu Anda perhatikan juga dalam memilih daging sebaiknya memilih daging merah yang tidak memiliki lemak.

4. Beras merah

Beras merah memang dipercaya lebih baik dari beras putih, karena kandungannya yang lebih baik. Beras merah memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk penurunan berat badan, kolesterol, gangguan pencernaan, serta mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.

5. Stroberi

Stroberi bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah karena mengandung zat besi dan bisa membantu penyerapan zat besi oleh tubuh karena stroberi juga mengandung vitamin C.

6. Kentang

Seperti halnya stroberi, kentang mengandung zat besi dan juga vitamin C yang membantu untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kentang adalah salah satu sumber terbaik dari zat besi.

7. BrokoliKapsul Minyak Ikan Salmon

Brokoli adalah salah satu sayuran yang menyediakan banyak zat besi untuk tubuh. 100 gram bayam mengandung 2,7 mg zat besi. Bayam juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan magnesium.

8. Tiram

Kerang, tiram, dan udang merupakan sumber zat besi. Makanan laut secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga mencegah penyakit.

9. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung banyak zat besi. Selain meningkatkan hemoglobin, bayam juga membantu untuk melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel.

Inilah 9 makanan sehat yang bisa menambah hemoglobin dalam tubuh Anda. Anda bisa lebih memperbanyak bahan makanan ini dalam menu sahur dan berbuka. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, gangguan kesehatan hilang, badan pun tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa.

sumber gambar:
1. http://blog.altervista.org/it/uploads/2011/10/86487731.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2013/06/Minyak-Ikan-Salmon.jpg