Makanan Dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari Saat Puasa

makanan yang di hindari saat bulan puasaBulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dimana dalam setahun hanya terdapat satu bulan yang wajib bagi kita umat islam untuk berpuasa. Puasa sendiri diartikan dengan menahan hawa nafsu baik itu dalam bentuk makanan dan minuman, serta perbuatan yang dapat membatalkan puasa.

Karena pada siang hari tidak bisa mengkonsumsi makanan dan minuman, maka biasanya saat berbuka puasa berbagai makanan dan minuman enak disajikan sebagai menu berbuka. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penting bagi Anda untuk memilih dan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda selama  berpuasa. Karena bila sembarangan makan atau minum akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada tubuh Anda, bahkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus tahu makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan makanan yang sebaiknya dihindari. Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat puasa antara lain :

  • Makanan yang mengandung keju dan coklat berlebih

Hindari makanan yang mengandung keju dan coklat berlebihan, tentunya makanan atau kue-kue manis yang biasanya terbuat dari bahan tersebut sangat menarik untuk disantap selama bulan ramadhan ini. Akan tetapi, lebih baik jika anda menghindari atau hanya mengurangi intensitas megkonsumsi makanan berbahan tersebut. Hal ini dikarenakan Keju dan cokelat adalah makanan yang sulit dicerna oleh lambung. Hal ini bisa mengakibatkan perut anda menjadi kembung, karena lambung lambat untuk memprosesnya.

  • Kopi

Siapa yang tidak tahu kopi, apalagi bagi kaum laki-laki pasti sudah tidak asing lagi. Kopi sebagai penangkal rasa kantuk ini mengandung kafein yang tinggi. Kafe ini adalah zat yang sangat tidak baik bagi lambung kita. Apalagi pada saat anda berpuasa selama 14 jam di siang hari yang secara otomatis akan membuat produksi asam lambung akan meningkat. Nah, Kopi sendiri adalah bahan yang bisa memicu pengeluaran asam lambung itu sendiri dan asam lambung yang berlebihan inilah yang bisa menyebabkan anda menjadi mual.

  • Makanan pedas dan mengandung banyak merica

Makanan pedas dan banyak mengandung merica memang selalu menggoda selera makan. Makanan dengan cita rasa pedas bisa membantu meningkatkan nafsu makan kita. Apalagi setelah seharian berpuasa. Namun, Anda harus hati-hati mengkonsumsi makanan pedas karena makanan pedas bisa merangsang pengeluaran asam lambung berlebih.

Selain itu makanan pedas bisa membuat permukaan lambung lebih rapuh dan mengalami luka. Itulah yang disebut maag, yang terjadi akibat peradangan pada lambung. Namun, kalau terlanjur suka dan tidak dapat meninggalkan makanan pedas, sebaiknya kita mengkombinasikannya dengan makanan lain agar efeknya tidak terlalu terasa. Makanan yang pedas pada dasarnya tidak dilarang, karena bagaimanapun zat capcaisin yang menimbulkan rasa pedas pada cabai sebenarnya memiliki manfaat sebagai penghilang rasa sakit, anti radang, meningkatkan nafsu makan dan melancarkan buang air besar. Tetapi sebaiknya makanan pedas dihindari, terutama saat sahur agar tidak mendatangkan masalah bagi kesehatan.

  • Makanan bersantan

Jenis makanan lainnya yang harus dihindari ketika bersantap sahur adalah makanan bersantan. Mengkonsumsi makanan bersantan yang berlebihan dapat memicu penyakit pembuluh darah seperti strok, jantung, serta kenaikan kadar asam urat. Makanan bersantan perlu dihindari saat santap sahur, karena mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kelebihan kolesterol jahat ini bisa menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah atau aterosperosis atau terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

  • Makanan Asam

Seperti makanan pedas, makanan asam menjadi pemicu keluarnya asam lambung tinggi. Sehingga tidak baik dikonsumsi terlalu banyak, apalagi ketika kita hendak sahur. Makanan asam bisa menyebabkan maag, sehingga bisa mengganggu aktivitas, bahkan mungkin juga bisa membuat puasa kita batal.

  • Permen karet dan gorengan

Asam lambung sangat berbahaya bagi tubuh kita. Permen dan gorengan bisa memicu keluarnya asam lambung. Maka hindari memakan permen dan gorengan saat berbuka puasa, Karena saat berpuasa perut sangat sensitif dan asam lambung mudah meningkat.

Itulah beberapa makanan serta minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara belebihan dan dihindari saat berpuasa karena akan membuat perut Anda tidak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas ibadah Anda selama berpuasa. Untuk menjaga stamina tubuh Anda saat berpuasa Anda bisa juga mengkonsumsi sari kurma sahara, sari kurma al jazira, dan madu.

Sumber gambar : http://www.nonstop-online.com/uploads/2014/10/7-Alasan-Sehat-Untuk-Minum-Kopi.jpg

Komentar