makanan santanPerubahan jadwal makan pada bulan puasa membuat kita perlu lebih memperhatikan asupan nutrisi. Mengkonsumsi makanan dengan sembarangan saat sahur dapat membuat kita lemas, cepat lapar, atau mudah sakit. Agar dapat berpuasa dengan lancar, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa merusak sistem pencernaan. Berikut ini makanan dan minuman yang sebaiknya kita hindari saat sahur :

1. Makanan yang sulit dicerna

Makanan yang sulit dicerna contohnya: cokelat, keju, atau kue-kue yang mengandung banyak kalori. Mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna akan mempengaruhi kerja lambung.

2. Gorengan

Apakah Anda sering bersantap sahur dengan berbagai jenis gorengan? Nugget atau ayam goreng tepung sering menjadi pilihan saat sahur karena praktis. Sebaiknya kurangi kebiasaan ini karena makanan yang digoreng mengandung lemak yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh.

3. Santan

Saat sahur, banyak orang menghangatkan kembali makanan sisa semalam agar lebih praktis. Makanan bersantan sama seperti gorengan berlemak yang perlu dihindari saat santap sahur.

4. Makanan Pedas

Untuk Anda yang doyan makan makanan pedas, tunda dulu keinginan tersebut saat sahur. Meski membuat nafsu makan bertambah, makanan pedas dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih sehingga proses pencernaan pun bisa terganggu.

5. Makanan Asam

Seperti makanan pedas, makanan asam juga dapat menaikkan asam lambung. Jika tidak mau sakit perut saat berpuasa, sebaiknya hindari makanan asam saat sahur.

6. Kafein

Di luar bulan puasa, meminum secangkir kopi atau teh di pagi hari sering jadi rutinitas. Ingin tubuh tetap fit selama bulan puasa? Hentikan dulu kebiasaan mengkonsumsi kafein saat sahur. Kafein bersifat diuretik, yang membuat kita sering buang air kecil. Akibatnya, proses penyerapan vitamin larut air bisa terganggu karena terbuang bersama urin.

7. Minuman yang merangsang keluarnya asam lambung.

Minuman seperti alkohol, minuman soda, atau jeruk, akan memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada lambung. Hindari juga makanan yang menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Antara lain seperti alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan makanan yang mengandung banyak minyak.

Saat sahur, Anda juga disarankan untuk tidak mengunyah permen karet. Selain menyebabkan kembung, mengunyah permen karet juga bisa memicu keluarnya asam lambung lebih tinggi. Selain permen karet, merokok juga bisa menyebabkan gejala yang serupa. Untuk itu, hindarilah jenis-jenis makanan / minuman tersebut jika Anda ingin puasa Anda tetap lancar tanpa gangguan kesehatan.

sumber gambar : http://biutifa.com/wp-content/uploads/2014/07/makanan-bersantan-biutifa.com_-678x300.jpg