Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menyebabkan Sakit Maag

makanan dan minuman penyebab maagSakit maag ternyata tidak hanya disebabkan oleh tingginya kadar asam di lambung dan karena terlambat makan ataupun stres saja, tapi sakit maag juga bisa disebabkan oleh jenis makanan dan minuman. Salah satu penyebab sakit maag yang selama ini banyak dialami oleh seseorang adalah pola makan dan jenis makanan dan minuman. Jika Anda ingin terhindar dari sakit maag atau agar sakit maag Anda bisa cepat sembuh, maka Anda harus menghindari pantangan makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi. Makanan dan minuman yang bisa menyebabkan sakit maag antara lain:

1. Minuman beralkohol

Bagi Anda penderita sakit maag, harus sebisa mungkin untuk menghindari minuman beralkohol. Minuman beralkohol seperti bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Selain itu, para ahli juga menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut) dan dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

2. Kafein

Kafein juga tidak baik untuk penderita sakit maag. Walaupun sifat dari kafein ini adalah menenangkan, tapi bila dikonsumsi oleh penderita sakit maag, justru malah semakin membuat gelisah.

3. Minuman Bersoda

Minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung sehingga dapat membuat kondisi jadi makin tidak nyaman dan meningkatkan asam lambung.

4. Cokelat

Bila Anda penggemar cokelat tapi Anda punya sakit maag, sebaiknya Anda mengurangi mengkonsumsi cokelat. Karena kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, seperti theobromine dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.

5. Makanan mengandung gas

Makanan yang mengandung gas sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan sakit maag. Makanan yang mengandung gas antara lain: sawi, tape, kol, nanas, durian, nangka, pisang ambon, kedondong, dan buah yang dikeringkan.

6. Makanan yang digoreng

Bagi pecinta gorengan sebaiknya Anda sedikit mengurangi makan gorengan. Gorengan bisa mempengaruhi asam lambung, karena gorengan memiliki kandungan lemak yang tinggi.

7. Makanan yang sangat asam dan pedas

Makanan yang sangat asam dan pedas harus dihindari oleh penderita sakit maag, karena dapat mengiritasi dinding lambung. Makanan tersebut seperti cabe, cuka dan merica.

8. Makanan yang dapat membuat klep kerongkongan bagian bawah melemah,

sehingga cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti gorengan, coklat, alkohol, makanan tinggi lemak.

9. Makanan yang susah dicerna oleh lambung.

Seperti misalnya makanan berlemak, coklat, kue tar dan keju.

Setelah Anda mengetahui makanan yang bisa menyebabkan sakit maag, Anda bisa segera hati-hati dalam memilih makanan dan minuman. Dan bagi Anda yang sudah terkena sakit maag, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk segera mendapat pengobatan. Salah satu pengobatan sakit maag bisa dengan pengobatan secara herbal seperti dengan stopmaa, nature maag dan kapsul daun salam.

sumber gambar : http://static.inilah.com/data/berita/foto/1864801.jpg

Komentar