kereta mainan“Tuut…tuuut…tuuut…kereta api mau lewaaatt…awass!!”

Anak-anak di kelas saya paling senang bermain kereta-keretaan dengan menyusun kursi-kursi mereka menjadi gerbong. Mereka berimajinasi seolah-olah mereka tengah berada di sebuah kereta api yang sedang berjalan dan berkeliling melihat pemandangan. Hmm…ternyata permainan ini bagus untuk melatih daya imajinasi mereka.

Ada satu permainan sejenis yang hampir sama, namun lebih mengarahkan mereka ke arah pelatihan kerjasama dan kepemimpinan. Saya menyebutnya “bemain loko”.

Cara bermainnya sangat mudah. Minta anak-anak untuk menunjuk dua orang sebagai lokomotif kereta. Dan sisanya –yang menjadi “gerbong”-  menyebar kemana saja mereka inginkan, asal tidak terlalu jauh. Setelah itu, mintalah dua orang anak sebagai lokomotif ini untuk mencari “gerbong” kereta mereka. Permainan ini dilombakan, siapa yang paling banyak gerbongnya, dialah yang menang.

Anda sebagai guru juga bisa mengimprovisasikan permainan ini. Misalnya, sekaligus melatih keseimbangan mereka, atau ketangkasan dan kelincahan mereka, Anda bisa memadukannya dengan sarana bermain yang ada. Anda bisa membuat “rel” dengan jalur tangga pelangi, terowongan anak, lalu seluncuran anak. Akan lebih baik jika sekali-kali Anda juga mengambil posisi, sebagai lokomotif atau gerbong, bersama dengan pengajar lain.

Belajar sambil bermain, itu menyenangkan!