langsing setelah melahirkan dengan menyusuiMasalah berat badan adalah satu hal yang mungkin menghantui calon ibu ketika sedang hamil atau ketika berencana ingin hamil. Masa kehamilan memang identik dengan bertambahnya berat badan dengan angka yang cukup signifikan. Hal ini tentu membuat khawatir para perempuan yang sebelum hamil telah mati-matian berusaha mendapatkan bentuk tubuh ideal yang mereka idamkan. Sebab itulah tidak mengherankan jika setelah melahirkan, banyak perempuan yang terobsesi untuk kembali mendapatkan bentuk tubuh idealnya dengan menjalani semacam program untuk bisa langsing setelah melahirkan.

Hal ini tampaknya cukup terburu-buru sebab perempuan yang ketika itu telah menjadi seorang ibu tidak bisa hanya mempertimbangkan penampilannya saja, akan tetapi juga harus menjaga kesehatan dan ASI eksklusif untuk bayi yang baru dilahirkannya.

Memang benar sebagian besar ibu yang melewati kehamilan dengan proses persalinan normal maupun operasi tidak bisa kembali pada keadaan tubuh semula seperti sebelum hamil. Ini dikarenakan memang kebiasaan dan pola makan ibu sewaktu hamil terbawa sampai setelah ibu melahirkan.

Ibu sebenarnya tidak perlu khawatir dan berlebihan menyikapi hal ini. Menurut beberapa penelitian medis, menyusui bayi secara rutin selama 6 bulan masa menyusui eksklusif bisa membantu ibu dalam usaha menurunkan berat badan. Pada saat menyusui ibu mengeluarkan sejumlah hormon yang berguna untuk mengatur keluarnya air susu ibu. Secara tidak langsung hormon yang dikeluarkan disaat menyusui ini juga akan membantu kantong rahim yang membesar di masa kehamilan menjadi kecil kembali. Hormon ini juga membantu proses pengembalian tubuh ke bentuk dan ukuran semula seperti saat ibu belum hamil.

Pada dasarnya seorang ibu yang mengalami kenaikan berat badan hingga 30 kg masih diperbolehkan untuk melakukan diet dan mengurangi berat badan sampai maksimal 1 kg / minggu. Mereka yang mengalami kenaikan berat badan lebih dari 30 kg biasanya diperbolehkan untuk mengurangi berat badan hingga 2 kg / minggu. Namun sekali lagi jangan sampai usaha mengurangi berat badan ini justru mengurangi kualitas dan kuantitas ASI yang harus diberikan kepada bayi.

Menurut testimoni salah seorang ibu yang baru saja melahirkan, sebetulnya proses penurunan berat badan ibu usai melahirkan sudah ada secara alami. Dengan syarat ibu menyusui bayinya secara eksklusif minimal 6 bulan. Penurunan berat badan ini berjalan secara tidak langsung karena di masa menyusui ini ibu harus memberi makan bayi minimal setiap 2 jam sekali bahkan di waktu malam hari. Ini berarti seorang ibu harus bangun malam untuk menyusui bayinya sehingga jam istirahat ibu berubah menyesuaikan dengan jam istirahat / tidur bayi. Selain itu ketika menyusui sebagian cadangan lemak di tubuh ibu berubah menjadi susu sehingga secara tidak langsung membantu ibu dalam usaha menurunkan berat badan.

http://aufalactababy.files.wordpress.com/2012/03/scale.jpg