Parenting

Langkah-langkah Berbicara Pada Remaja

talkingBanyak orangtua mengeluhkan betapa susahnya menjalin komunikasi dengan anak-anak mereka yang telah memasuki masa remaja. Mereka semua ingin anak-anak mereka tumbuh menjadi remaja yang sehat, baik, dan kelak menjadi orang dewasa yang sehat pula. Sayangnya, tidak semua orangtua mampu mengkomunikasikan keinginan mereka ini terhadap anak-anak remaja mereka. Sehingga, yang sering kali terjadi adalah miss komunikasi, yang berbuntut pada pembangkangan anak.

Lalu, langkah-langkah apa saja yang sebaiknya diambil orangtua?

1. Pikirkan komunikasi apa yang paling efektif antara Anda dan remaja Anda. Jangan gegabah dalam menjalin komunikasi dengan mereka. Anak-anak yang cenderung membangkang, biasanya akan semakin membangkang jika Anda berkomunikasi dengan keras terhadap mereka. Sementara anak yang tertutup akan semakin menjauh dari Anda. Pertimbangkan langkah-langkah yang akan Anda ambil terhadap mereka.

2. Buka jalur komunikasi baru dengan mereka. Setelah Anda memikirkan komunikasi yang efektif dengan mereka, maka kini saatnya Anda membuka jalur komunikasi tersebut. Jangan takut, meski itu nampaknya mustahil. Keterampilan berkomunikasi adalah suatu hal yang harus dipelajari oleh para orangtua.

3. Komunikasi yang efektif untuk kedisiplinan. Anda tentu ingin remaja Anda menjadi anak yang disiplin. Bangun tidak kesiangan, mengerjakan tugas-tugas sekolah mereka dengan baik, pulang sekolah tepat waktu tanpa keluyuran kemana-mana, membersihkan kamar mereka, dsb. Tetapkan aturan-aturan yang komunikatif dengan mereka. Tanpa terlalu mengekang mereka tentunya.

4. Mengkomunikasikan setiap permasalahan sulit yang mereka hadapi dengan baik. Setiap anak memiliki permasalahn mereka masing-masing. Biasanya, remaja akan mengalami sedikit kesulitan dalam membagi permasalahan mereka ini dengan orangtuanya. Takut dimarahi, takut disalahkan, dsb. Sehingga sahabat akhirnya menjadi orang yang paling sering mereka curhati. Padahal, orangtua seharusnya bisa menjadi sahabat bagi mereka dan paling wajib untuk tahu apa yang menjadi permasalahan mereka.

5. Ikatan kebersamaan. Ciptakan ikatan yang kuat antara Anda dan anak-anak Anda. Kekompakan, kebersamaan, adalah jalinan kuat yang akan mempererat komunikasi Anda dengan mereka. Jadilah orangtua yang multifungsi. Itu lebih baik untuk membimbing mereka melewati masa-masa remaja mereka.