Usia Kehamilan Yang Aman Untuk Berhubungan Intim

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter mau tanya, saya sedang hamil 8 minggu. Kenapa kalau saya ML dengan suami, saya mengeluarkan flek darah kecoklatan dan jumlahnya banyak? Apakah itu berbahaya? Apa solusinya. Aida. [email protected]

Jawaban :

Banyak wanita yang sedang hamil takut untuk melakukan hubungan intim dengan suami karena menurut mitos hubungan intim saat hamil itu berbahaya, padahal tidak semuanya benar. Bahaya atau tidaknya berhubungan intim pada saat hamil itu tergantung individu atau kondisi kandungan ibu hamil.

Hubungan intim pada saat hamil diperbolehkan asalkan dengan pengetahuan dan cara yang benar. Penting juga untuk memperhatikan usia kandungan pada saat bunda ingin melakukan hubungan intim. Pada kehamilan awal atau trimester pertama, bunda harus berhati-hati karena usia kehamilan masih sangat muda. Usia kehamilan yang aman adalah pada trimester kedua, akan tetapi tetap harus dengan cara yang benar dan melihat kondisi kandungan.

Jika bunda mengeluarkan flek darah kecoklatan dalam jumlah yang banyak saat melakukan hubungan intim, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. Konsultasikan juga cara yang aman untuk melakukan hubungan intim pada saat hamil.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

Komentar