Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, bagaimana cara mengatasi menstruasi yang tidak lancar, kadang keluar kadang tidak? Felda Fedora. [email protected]

Jawaban :

Mentruasi yang teratur adalah jika siklusnya terjadi 28 hari sekali selama 6-7 hari. Dan mentruasi yang tidak lancar disebabkan karena kurangnya hormon estrogen dan hormon progesteron atau bisa juga karena penyakit anemia. Selain itu, faktor psikis, berat badan, keturunan dan gizi juga merupakan penyebab dari tidak lancarnya siklus menstruasi.

Cara mengatasi menstruasi yang tidak teratur dan tidak lancar :

  • Mengkonsumsi makanan bergizi, agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat tercukupi dengan baik.
  • Olahraga secara teratur.
  • Kurangi makanan yang mengandung lemak.
  • Periksakan pada dokter spesialis kandungan.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

Komentar