kondisi kesehatan yang banyak dikhawatirkan saat berpuasaBulan puasa adalah bulan yang penuh berkah, didalamnya terdapat banyak keutamaan. Banyak umat muslim yang memanfaatkan bulan ini untuk memperbanyak dan memperbaiki kualitas ibadahnya. Namun ada beberapa orang yang tidak bisa maksimal menjalankan ibadah puasa karena kekhawatiran mereka akan penyakit yang dideritanya. Kondisi kesehatan yang banyak dikhawatirkan orang ketika menjalani ibadah puasa yaitu :

Maag
Banyak orang yang khawatir maagnya akan kambuh jika ia berpuasa, padahal jika penyakit maag yang diderita akibat fungsional maka melakukan puasa justru bisa mengurangi gejala karena membantu makan teratur dan kurangi konsumsi camilan.

Namun jika maag akibat organik, maka perlu pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui apakah kondisinya memungkinkan ia untuk berpuasa. Jika sudah mendapatkan pengobatan yang tepat, maka biasanya dokter akan memberikan izin untuk berpuasa.

Diabetes
Puasa identik dengan makanan yang serba manis seperti es buah, kolak dan makanan lain untuk berbuka puasa. Bagi orang yang diketahui memiliki penyakit diabetes maka asupan makanan dan minuman yang manis ini perlu diatur agar kadar gula darahnya tidak meningkat secara drastis tapi juga tidak terlalu rendah.

“Selain pola makan yang salah sehingga kadar gula darah naik, ada juga kekhawatiran seseorang tidak bisa minum obat saat puasa. Jika kadar gula darah naik maka timbul keluhan cepat mengantuk, kondisi tidak fit sampai gejala yang berat,” ungkapnya.

Kolesterol

Pola makan saat puasa hanya terdiri dari sahur dan berbuka. Pola seperti ini ternyata yang membuat penderita kolesterol mengkonsumsi makanan secara tidak teratur. Untuk mengantisipasi pola makan yang tidak teratur tersebut, ada baiknya penderita kolesterol banyak mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka serta menghindari makanan yang digoreng.

http://images.detik.com/content/2012/07/17/763/puasatsdpn.jpg