Kisah Sukses Mompreneur Dengan Bisnis Shampo Mobil

Pada tahun 1996 Uud Machmud seorang wanita warga Taman Harapan Baru, Bekasi, Jawa Barat sudah mulai menekuni usaha bengkel mobil dan mempunyai keinginan untuk mengembangkan usahanya dengan melengkapi bengkel mobilnya dengan jasa salon mobil.

Pada saat itu, jasa salon mobil dan motor masih cukup langka tidak seperti saat ini. Syaratnya Uud harus mempunyai pembersih untuk kendaraan yang bagus dan canggih. Secara kebetulan ia bertemu dengan seseorang yang ahli meramu formula atau shampo  untuk pembersih mobil yang baru tiba dari Amerika. Uud kemudian mencoba untuk membeli produk yang diracik oleh orang tersebut dan hasilnya pun usaha Uud semakin ramai.

Setahun kemudian, orang yang meramu shampo mobil itupun bergabung dengan usaha bengkel yang dirintis Uud. Menurut penuturan orang yang meramu shampo mobil tersebut, formula pembersih kendaraan yang banyak beredar saat ini masih belum lengkap. Masih ada sekiranya 2 bahan lagi yang masih belum bisa dibuat di Indonesia. Namun dengan melalui suatu perjalanan yang panjang akhirnya merekapun berhasil meramu 2 bahan pembersih kendaraan tersebut. Sehingga ramuan pembersih yang dinamai dengan UM-1 sudah dapat dibilang selesai dengan sempurna.sukses berbisnis shampo mobil

Menambah Modal Usaha Dengan Menggandeng Teman

Pada tahun 2005 Uud mengajak rekannya yang bernama Emmelia Ariyani untuk bergabung dengannya sekaligus menambah modal usaha guna mengembangkan usaha. Setahun kemudian mereka mengajukan sebuah proposal untuk mengajukan peminjaman dana sebesar Rp 200 juta. Dan ternyata, tambahan dana tersebut mampu menggembungkan omzet bisnis mereka semakin besar lagi. Jika dulu omzetnya hanya Rp 1-2 juta per bulannya, kini omzetnya setiap cabang sudah mencapai Rp 15 juta setiap bulannya.

Produk pembersih kendaraan yang dihasilkan pun kini sudah bertambah jenis variannya. Emmelia sangat gencar untuk memasarkan usahanya. Pemasaran produk UM-1 sekarang lebih diperluas lagi keseluruh Indonesia baik dalam dunia otomotif maupun dunia non otomotif, di pasar tradisional ataupun pasar modern, di sentra-sentra otomotif, minimarket maupun hypermarket.

Rencananya juga akan membuka distributor, keagenan serta franchise untuk salon mobil dan motor UM-1. Saat ini mitra usaha untuk UM-1 sudah mencapai lebih dari 23 tempat dan masing-masing tempat omzetnya sudah mencapai Rp 15 juta tiap bulannya. Dari bisnis yang Ia geluti, sekarang ini Uud menjadi mompreneur sukses dengan bisnis shampo mobil.

Sumber gambar : http://images02.olx.co.id/ui/7/49/33/1279007730_104894633_1-Shampoo-Mobil-UM-1-Jawabarat-1279007730.jpg

Komentar