teh,manfaat teh,khasiat teh untuk kecantikanBagi Anda penggemar minuman teh boleh merasa gembira karena selain baik bagi kesehatan, ternyata teh  juga memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Menurut para ahli yang menyelidiki manfaat kesehatan teh, kandungan kafein alami dalam  minuman  ini dapat melindungi kulit yang rusak akibat sinar matahari dan  mencegahnya berkembang menjadi kanker. Beberapa khasiat teh antara lain :

  • Facial Scrub

Campurkan satu sendok teh cornmeal dengan teh chamomile. Gunakan sebagai scrub dan gosokkan dengan lembut ke permukaan wajah. Biarkan kering, lalu bilas. Jangan gunakan pada kulit sensitif.

  • Exfoliating Paste

Campurkan  teh chamomile dengan susu bubuk, lalu oleskan secara merata ke wajah. Biarkan kering, lalu bilas.

  • Menutrisi Rambut

Hangatkan 1/2 cangkir minyak zaitun, 2 sendok teh daun lavender, dan 2 kantung peppermint tea. Pijatkan ramuan tersebut dengan lembut ke kulit kepala saat rambut dalam keadaan lembab. Tutup rambut dengan shower cap dan duduklah berjemur di bawah sinar matahari selama 20-25 menit (jika memungkinkan). Setelah itu, cuci rambut dengan shampo dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sekali sebulan untuk menutrisi dan memperkuat rambut.

  • Menghitamkan dan Menyuburkan Rambut

Embunkan secangkir air teh kental semalaman. Keesokan harinya, gunakan air teh untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan sehari sekali hingga terlihat hasilnya. Basuh rambut dengan teh hitam untuk menambah hitam dan kilau pada rambut.

  • Menghilangkan Kantung Mata

Seduh teh hitam atau teh hijau murni dengan air panas kira-kira selama 10 menit. Sisihkan daun tehnya dan simpan dalam lemari es. Celupkan sepotong kapas kedalam larutan teh dan tempelkan di kelopak mata selama 10 menit. Agar lebih praktis, Anda juga dapat menggunakan kantung teh celup bekas pakai yang sebelumnya sudah didinginkan di lemari es.

  • Mengobati Jerawat

Teh juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat karena bertindak sebagai astringen. Caranya, cukup dengan mencuci muka dengan air teh tanpa perlu dibilas lagi dengan air biasa.

  • Mengencangkan Bibir

Teh hitam mengandung astringen yang dapat membantu mengencangkan bibir.

  • Mencerahkan Mata

Ambil air teh yang sudah basi lalu letakkan di baskom dan cucilah mata dengan langsung membenamkan muka ke dalam air dengan mengedip-ngedipkan mata di dalam baskom tersebut. Lakukan seminggu sekali maka mata Anda akan kelihatan segar, cerah dan berseri-seri.

  • Tanning Kulit Hemat Dan Aman

Tak perlu keluar uang banyak dan tak perlu was-was kulit rusak gara-gara radiasi ultraviolet yang berbahaya. Kulit kecokelatan sehat akan Anda dapatkan, cukup dengan memanaskan 2 cangkir teh hitam, biarkan dingin, lalu masukkan dalam botol spray plastic.

Pastikan kulit dalam keadaan bersih dan kering (tidak basa) lalu semprotkan teh di permukaan kulit dan biarkan kering oleh angin. Ulangi lagi untuk mendapatkan kulit sehat yang terlihat coklat mengkilap. Cara ini bisa juga dilakukan pada wajah pria yang baru saja bercukur, agar terlihat lebih natural / tidak berbelang.

  • Pembuat Awet Muda

Semakin muda dan sehat arteri (pembuluh darah) Anda maka Anda akan makin terlihat lebih sehat dan lebih muda. Untuk itu, perangilah plak yang tertimbun dalam pembuluh darah yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Tambahkan energi dan perbaiki usia biologis Anda dengan mengkonsumsi teh hijau. Dosis yang harus dikonsumsi adalah sekitar 10 ons teh hijau per hari, yang akan menghalangi tubuh menyerap lemak yang menyumbat arteri dan kolesterol

  • Menghaluskan Kulit

Bagi Anda yang mengidamkan kulit bercahaya, segar, dan kenyal, gunakan lulur atau scrub teh untuk memenuhi keinginan Anda. Antioksidan dari teh mengangkat sel kulit mati dan memperlancar peredaran darah sehingga membuat kulit tidak kusam dan cerah. Untuk hasil yang maksimal, perawatan ini tidak memakan waktu lama, hanya sekitar satu jam.

  • Melindungi Kulit

Di dalam laboratorium, teh hijau yang dikonsumsi atau dioleskan langsung ke kulit dapat membantu memblok kanker kulit. Oleh karena itu, cukup banyak produk moisturizer maupun sunscreen yang menggunakan ekstrak teh hijau untuk melindungi kulit, terlebih mencegah timbulnya kanker kulit.

  • Memperkuat & Mencegah Karies Gigi

Secangkir teh segar mampu melindungi gigi dari plak, membantu mencegah tumbuhnya karies dan memperkuat gigi, berkat kandungan flouride di dalamnya. Jadi, anggapan yang menyatakan bahwa mengkonsumsi teh menyebabkan gigi rusak tidaklah benar. Kerusakan umumnya diakibatkan oleh gula yang ditambahkan ke dalam teh dan kita tidak membersihkan gigi saat kita mau tidur.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Journal or Periodontology, dikatakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi teh hijau bisa membantu menyehatkan gigi dan gusi. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa dilakukan percobaan dengan 940 laki-laki dan diketahui bahwa mereka yang secara rutin minum teh  hijau mempunyai kesehatan gigi dan gusi yang lebih prima dibandingkan yang tidak. Mencegah karang gigi bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air teh (tanpa gula) setelah makan.

  • Mencegah Nafas Tak Sedap

Teh hijau memiliki antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri yang hidup mulut — penyebab bau mulut. Berkumur-kumur dengan teh, atau bahkan dengan hanya minum seteguk teh dapat membantu mencegah bau nafas yang tak sedap dengan cara mengeluarkan bakteri yang berkumpul dengan partikel makanan.

Usahakan kekentalan teh yang Anda minum pas (satu kantung teh untuk satu cangkir) sebab jika terlalu encer maka khasiatnya juga akan menurun. Jika kesehatan mulut terjaga, baik gigi, gusi, dan nafas, maka secara tidak langsung kecantikan Anda pun juga akan makin sempurna.

(Dari Berbagai Sumber)
http://bloghikari.files.wordpress.com/2011/10/greentea1.jpg